Vaksinasi Polio di Kota Kendari Sasar 50 Ribu Lebih Anak

Siti Nabila

Reporter

Sabtu, 27 Juli 2024  /  5:13 pm

Proses vaksinasi polio untuk tahap pertama di Kota Kendari. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID - Pemkot Kendari melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) dengan memberikan vaksin Polio kepada anak usia 0 sampai 7 tahun.

Kepala Dinkes Kota Kendari, drg. Fauziah mengatakan, pemberian vaksin polio akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan mulai 23 Juli – 3 Agustus dan tahap kedua 6 – 17 Agustus 2024.

"Dengan tahap pertama di SD Negeri 84 Kendari menyasar sebanyak 200 anak. Tahap selanjutnya sebesar 47.834 anak se-Kota Kendari, berdasarkan data mencapai sebanyak 50.352 anak," tuturnya pada Selasa (23/7/2024) lalu.

Baca Juga: Ribuan Masyarakat Padati Lapangan Eks MTQ Kendari, Daftar Sultra Run Bersama Raffi Ahmad

Ia menambahkan, vaksinasi Polio ini akan dilaksanakan di beberapa posko layanan kesehatan seperti Puskesmas, Posyandu, Sekolah (PAUD, TK, SD) hingga beberapa Kantor Kelurahan yang membuka posko vaksinasi polio.

“Kami harap masyarakat turut mendukung program ini karena wajib agar anak kita tidak cacat atau lumpuh karena Polio. Virus ini tidak ada obatnya dan hanya bisa dicegah dengan vaksinasi atau imunisasi anak,” kata Fauziah.

Baca Juga: Pemkot Kendari Lakukan Pembinaan Keluarga Asuh, Strategi Penurunan Stunting

Pekan Imunisasi Nasional Polio ini mendapat dukungan dari Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup. Menurutnya, program tersebut sudah menjadi kewajiban karena menjadi instruksi langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Kesehatan (Menkes) RI.

“Program ini dihadirkan sebagai bagian dari upaya penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio. Sultra termasuk salah satu Provinsi yang memiliki risiko tinggi Polio sehingga kita harus mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) ini,” ungkap Muhammad Yusup. (C)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS