5 Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan Anda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 10 Januari 2022
0 dilihat
 5 Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan Anda
Telur bebek merupakan salah satu sumber protein yang banyak mengandung nutrisi. Foto: Repro sehatq.com

" Selain mengandung protein, lemak, dan karbohidrat, telur bebek juga mengandung multivitamin dan mineral "

KENDARI, TELISIK.ID - Telur bebek merupakan salah satu sumber protein yang banyak digemari. Telur satu ini disebut-sebut banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Mengutip yoursay.com, meski diketahui harganya lebih mahal dibandingkan jenis yang lain, namun setara dengan manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Di mana di balik kelezatannya, ada kelebihan dan kekurangan telur bebek dari segi nutrisi yang penting untuk diketahui.

Selain mengandung protein, lemak, dan karbohidrat, telur bebek juga mengandung multivitamin dan mineral.

Disadur dari hellosehat dan alodokter, berikut lima manfaat telur bebek yang perlu diketahui:

1. Melindungi Kulit

Jika kamu ingin memiliki kulit yang sehat dan terawat, telur bebek bisa dijadikan salah satu alternatif. Pasalnya, kandungan lutein dan zeaxanthin pada telur bebek dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

Menurut sebuah studi, dua jenis senyawa antioksidan tersebut juga membantu meratakan warna kulit usai digunakan selama lebih dari dua belas minggu.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Telur bebek nyatanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh berkat beberapa jenis karotenoid. Mulai dari beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Manfaat ini bahkan diungkapkan oleh Cogent Food and Agriculture.

Mereka mengatakan bahwa karotenoid disebut mampu memelihara tubuh dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Telur bebek juga dilengkapi dengan vitamin A yang dapat memperkuat sistem imun serta mencegahnya dari infeksi.

3. Penunjang Pembentukan Sel Darah Merah

Kuning telur bebek mengandung vitamin B12 yang cukup tinggi, bahkan satu butirnya saja sudah dapat memenuhi kebutuhan harian nutrisi tersebut. Kandungan ini bermanfaat dalam menghasilkan sel darah merah.

Lalu, vitamin B12 juga membantu proses produksi energi pada tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan asupan ini, dianggap akan membuatmu semakin bertenaga dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan dapat menjauhimu dari anemia.

4. Mengoptimalkan Kinerja Otak

Dengan mengonsumsi telur bebek, fungsi dan kinerja otak akan menjadi lebih optimal. Hal ini diperoleh dari kandungan kolin yang berpengaruh besar dalam reaksi biokimia serta melepaskan protein asetilkolin.

Baca Juga: Begini 6 Cara Sederhana Cegah COVID-19 Varian Omicron

Protein tersebut membantu otak dalam menjalankan fungsi dasar, termasuk mengingat sesuatu. Maka, kadar asetilkolin yang rendah seringkali dikaitkan dengan penyakit alzheimer atau minim memori.

Oleh karenanya, jika rutin memakan telur bebek, akan menghindarimu dari penyakit tersebut karena berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi otak.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Telur bebek mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata. Khususnya dari berbagai penyakit, meliputi katarak hingga degenerasi makula. 

Baca Juga: Yuk, Kenali Fungsi Gigi Berdasarkan Jenisnya

Tak hanya itu, kandungan-kandungan tersebut juga mampu mengurangi risiko mata lelah. Biasanya disebabkan oleh paparan sinar biru dari alat elektronik. Jika ingin lebih aman lagi, gunakan kacamata antiradiasi. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga