Kuliner Khas Indonesia Disajikan Saat Natal

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 25 Desember 2022
0 dilihat
 Kuliner Khas Indonesia Disajikan Saat Natal
Klappertart merupakan salah satu menu yang bisa Telisiker sajikan saat natalan dan menikmati waktu luang di akhir pekan. Foto: Repro Okezone.com

" Setiap daerah ternyata punya makanan khas-nya masing-masing untuk disantap bersama keluarga tercinta di perayaan Natal "

6KENDARI, TELISIK.ID - Hari ini, 25 Desember, umat Kristiani di seluruh dunia merayakan Natal, termasuk umat Kristiani di Indonesia. Setiap daerah ternyata punya makanan khas-nya masing-masing untuk disantap bersama keluarga tercinta di perayaan Natal.

Berikut ini beragam kuliner yang biasa disajikan saat Natal, seperti dilansir dari Okezone.com dan Tempo.co.

1. Nasi jaha, Manado

Hidangan ini terbuat dari beras ketan dan santan serta beragam bumbu yang dipanggang di atas batang bambu yang dilapisi daun pisang. Kata jaha sendiri berasal dari nasi dan jahe. Nasi jaha mirip dengan nasi lemang dari Jawa. Ini sering disajikan dengan abon daging rusa, daging sapi atau ikan cakalang dan kari.

2. Ayam rica-rica, Manado

Manado punya makanan khas yang kerap terhidang di momen Natal. Apalagi kalau bukan ayam rica-rica. Sesuai namanya, ayam rica-rica memiliki sensasi rasa pedas yang bikin nagih. Manado memang terkenal dengan kuliner pedasnya.

Baca Juga: Tiga Inspirasi Resep Akhir Bulan

3. Selat Solo

Selat solo bisa dibilang sebagai steik versi Jawa. Paduan daging atau lidah disajikan bersama sayuran rebus, kentang, telur dan kuah manis membuat suasana Natal kian meriah. Selat solo biasanya disajikan dengan daging has luar yang direbus dengan kuah encer, bersama dengan sayuran dan kentang.

4. Ikan arsik, Medan

Masakan ini identik dengan Batak Toba dan Minang karena beberapa bahan yang dibutuhkan hanya tumbuh di daerah dataran tinggi Batak tertentu.

Beberapa bahan yang digunakan adalah kecombrang (bunga jahe), buah kecombrang (buah bunga jahe), bawang batak (bawang batak) dan beberapa asam gelugur (buah gelugur yang diawetkan, dipotong dan dijemur) dan lada Sumatera Sichuan.

5. Pa'piong, Toraja

Baca Juga: Rekomendasi Restoran Seafood Enak di Jakarta

Pa'piong merupakan makanan Natal dari Tanah Toraja. Berisikan daging ayam atau babi, kelapa parut serta aneka rempah, Pa'piong punya cara masak terbilang unik. Bahan-bahan yang telah disebutkan itu dimasukan ke dalam bambu, baru kemudian dibakar hingga matang.

6. Klappertart, Manado

Berasal dari masa penjajahan Belanda, sudah menjadi kebiasaan untuk memakannya saat Natal. Tart ini terbuat dari kelapa, terigu, susu, mentega dan telur.

Selain untuk perayaan Natal, klaapertart dibuat untuk acara-acara pesta lainnya, seperti pernikahan, ulang tahun dan acara lainnya. Rasa kue ini telah berevolusi dari rasa aslinya menjadi rasa keju, coklat, blueberry dan durian. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga