10 Aneka Buah dan Sayuran yang Dapat Mengatasi Ambeien Secara Alami

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Selasa, 05 Januari 2021
0 dilihat
10 Aneka Buah dan Sayuran yang Dapat Mengatasi Ambeien Secara Alami
Ambeien adalah penyakit pembuluh darah yang membengkak di sekitar dubur, jika kondisinya sudah menggumpal, operasi diperlukan untuk mengangkatnya. Foto: Repro Alodokter.com

" Perlu diingat, buah dan sayuran yang dianggap bisa dijadikan obat ambeien alami ini, hanya mampu membantu meredakan gejala ambeien saja, bukan menyembuhkan sepenuhnya. Dan hal itu juga, perlu dikonsultasikan pada dokter agar mendapatkan penyembuhan secara maksimal. "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengatasi ambeien tidak mesti dilakukan dengan meminum obat-obatan, tetapi buah dan sayur yang berserat tinggi juga dapat mengatasi penyakit yang sangat mengganggu itu.

Perlu diingat, buah dan sayuran yang dianggap bisa dijadikan obat ambeien alami ini, hanya mampu membantu meredakan gejala ambeien saja, bukan menyembuhkan sepenuhnya. Dan hal itu juga, perlu dikonsultasikan pada dokter agar mendapatkan penyembuhan secara maksimal.

Kemudian, untuk mengobati dan meredakan gejala ambeien, tubuh Anda membutuhkan serat. Sebab, serat bisa membuat feses atau tinja, memiliki tekstur yang lebih lunak, sehingga tidak memberikan tekanan lebih pada pembuluh darah yang membengkak itu. Alhasil, rasa sakit ambeien bisa terhindari.

Nah, oleh sebabnya dikutip Telisik.id dari laman resmi Sehatq.com, berikut ini sepuluh aneka buah dan sayuran yang wajib Anda coba untuk mengatasi ambeien secara alami.

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan serat. Satu cangkir (76 gram) brokoli mentah, mengandung 2 gram serat tidak larut. Lebih dari itu, sayur-sayuran seperti brokoli, mengandung glukosinolat, bahan kimia tanaman yang dapat diurai oleh bakteri usus.

2. Ketimun dan melon

Ketimun dan melon adalah makanan berserat yang sangat lezat. Mengonsumsi keduanya adalah cara yang sangat baik, untuk memasukkan serat ke dalam sistem pencernaan penderita ambeien.

Selalu pastikan bahwa Anda tidak membuang kulit ketimun, saat memakannya. Sebab, kulit ketimunlah yang paling banyak mengandung serat.

Bagi Anda yang tidak suka sayur-sayuran pahit, ketimun adalah asupan sehat penuh serat, yang bisa menjadi obat ambeien alami untuk Anda.

Baca juga: Ini Manfaat Konsumsi 5 Cangkir Teh Sehari untuk Lansia

3. Pir

Selain rasanya manis, pir bisa menjadi “snack” pilihan. Sebagai obat ambeien alami, buah pir sangatlah ampuh, untuk memberikan Anda asupan serat yang sangat cukup.

Bayangkan saja, satu buah pir berukuran sedang, memiliki 6 gram serat, yang bisa mencukupi 22% kebutuhan harian serat Anda.

Sama seperti ketimun, jangan potong kulitnya, saat akan mengonsumsi buah pir. Di kulitnyalah, banyak serat yang berkumpul.

4. Apel

Apel menjadi salah satu buah yang sangat umum ditemukan di Indonesia. Selain harganya relatif terjangkau, rasanya pun cocok di lidah masyarakat Tanah Air.

Bagi Anda yang mengidap ambeien, apel bisa menjadi obat ambeien alami, karena mengandung 5% serat. Serat yang dimiliki apel berbeda dari serat buah pir.

Sebab, serat dari buah apel, mengandung pektin, yakni serat larut, yang mampu melembutkan tekstur feses, sehingga tidak membuat gejala ambeien timbul.

5. Seledri

Sama halnya seperti sayur paprika, seledri mengandung banyak air, dan juga serat, yang bisa mencegah gejala ambeien timbul. Serat yang dikandung seledri, bisa melunakkan feses, dan mengurangi keharusan Anda untuk mengejan, saat buang air besar.

Satu tangkai besar (28-31 cm) seledri, mengandung 1% serat dan 95% air. Iris saja sayuran ini dan tambahkan pada salad, sup, atau oleskan dengan selai kacang favorit Anda.

Baca juga: Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Meredam Stres

6. Labu squash

Labu squash yang berwarna oranye ini, masih termasuk dalam keluarga labu siam. Ada banyak jenis labu squash yang bisa dimakan. Namun, labu squash acorn, adalah jenis labu squash yang paling banyak mengandung serat.

Setiap cangkir (205 gram) labu squash acorn mengandung 9 gram serat, untuk melawan gejala ambeien yang sangat mengganggu itu.

7. Legum

Kacang, lentil, kacang polong, kedelai, kacang tanah, hingga buncis, termasuk dalam kategori legume atau polong-polongan, yang sangat mampu memberikan kebutuhan serat Anda, untuk melawan ambeien. Legum dilengapi dengan serat larut maupun tidak larut. Namun, legum paling kaya akan serat larut.

Sebanyak 1 cangkir (198 gram) lentil yang dimasak, mengandung 16 gram serat. Bayangkan saja, jumlah itu sudah bisa memenuhi kebutuhan serat harian Anda, sebanyak 50%.

8. Pisang

Pisang mengandung serat pektin dan juga pati. Kedua hal ini sangat dibutuhkan, jika Anda tidak mau gejala ambeien menyerang. Satu pisang berukuran sedang (18-20 cm), menyediakan 3 gram serat.

Pektin yang dikandungnya, mampu menciptakan gel di saluran pencernaan. Sementara itu, pati resistannya, memberi asupan pada bakteri usus. Ini adalah kombinasi yang bagus untuk mencegah ambeien.

9. Raspberry

Raspberry adalah buah yang tinggi akan serat. Siapa sangka, 100 gram raspeberry mengandung serat sebanyak 6,5 gram! Tentunya, raspberry dapat membantu Anda dalam mengatasi gejala ambeien karena ia mengandung serat tinggi.

10. Wortel

Wortel tidak hanya menyehatkan mata dan tulang saja. Ternyata, 100 gram wortel juga mengandung 2,8 gram serat yang sangat baik untuk penanganan ambeien!Ditambah lagi, wortel juga dilengkapi vitamin K, vitamin B6, magnesium, serta beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga