10 Cara Atasi Susah Tidur, Bikin Mata Jadi Ngantuk

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 02 Agustus 2022
0 dilihat
10 Cara Atasi Susah Tidur, Bikin Mata Jadi Ngantuk
Aktivitas sebelum tidur dapat mengarahkan kualitas tidur seseorang. Lebih tepatnya, apa yang dilakukan sepanjang hari akan mempengaruhi kualitas tidur. Foto: Republika.co.id

" Saat tidur adalah waktu yang tepat untuk tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak "

KENDARI, TELISIK.ID - Istrahat yang cukup biasanya dapat diatasi dengan tidur nyenyak. Selain untuk beristirahat, tidur nyenyak juga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pasalnya, saat tidur adalah waktu yang tepat untuk tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak. Namun bagaimana jika seseorang mengalami kesulitan tidur? Bahkan dapat menyebabkan insomnia berkepanjangan?

Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa tips tidur lebih nyenyak yang bisa Anda coba sekaligus baik untuk kesehatan tubuh. 

1. Jadwal Tidur Teratur

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengatur jadwal tidur secara teratur. Jadwal tidur yang baik atau teratur sangat baik untuk menjaga kualitas tidur Anda. 

2. Dapatkan Paparan Sinar Matahari Harian yang Cukup

Mendapatkan paparan sinar matahari harian yang cukup juga menjadi salah satu tips yang bisa membuat tidur lebih nyenyak. 

Para ahli tidur merekomendasikan bahwa jika Anda memiliki masalah tidur, Anda harus mendapatkan satu jam paparan sinar matahari pagi.

3. Mematikan Lampu Sebelum Tidur 

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Ginjal dengan 10 Asupan Ini

Jika Anda ingin memastikan tidur yang lebih nyenyak dan lebih sedikit menenangkan pikiran, Anda perlu mematikan lampu sebelum tidur. Bahkan tidak hanya itu, mematikan ponsel, TV, komputer, setidaknya satu jam sebelum tidur, akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

4. Lakukan Olahraga Selama 30 Menit atau Lebih

Anda mungkin tidak terkejut mengetahui bahwa meningkatkan detak jantung dengan beberapa kardio di sore hari dapat membuat Anda lebih mengantuk menjelang malam. Tetapi manfaat olahraga yang meningkatkan tidur semakin meluas.

Tidak hanya melakukan aktivitas fisik membuat lebih mudah tertidur, tetapi juga dapat membantu mendapatkan lebih banyak gelombang tidur yang dibutuhkan tubuh untuk pemulihan, menurut Dr Holliday-Bell.

5. Hindari Kopi Sore

Menyeruput kopi di sore hari mungkin sangat menggiurkan. Tetapi langkah terbaik adalah menjaga asupan kafein di pagi hari, dan meraih camilan yang berenergi sebagai gantinya saat sore. “Kafein memiliki waktu paruh sekitar lima jam,” kata Dr Holliday-Bell.

Itu berarti bahwa setelah lima jam, setengah dari apa pun yang dikonsumsi akan tetap berada di sistem tubuh. Kopi dapat memiliki efek stimulasi yang bertahan lama hingga malam hari. Sehingg dapat menghalangi kemampuan untuk tertidur.

6. Tahan Tidur Siang Setelah Jam 3 Sore

Siklus tidur benar-benar harus Anda perhatikan agar tidur Anda saat malam hari menjadi lebih nyenyak. Salah satu caranya adalah Anda harus menghindari tidur siang di atas jam 3 sore.

7. Berhenti Melihat Jam

Tidak melihat jam jika terbangun saat malam hari juga menjadi salah satu tips membuat tidur lebih nyenyak. Pasalnya, jika melihat jam, secara tidak sadar Anda akan menghitung berapa jam tersisa untuk tidur. 

Hal tersebut akan membuat kualitas tidur kurang baik, karena pikiran cenderung lebih cemas akan waktu tidur yang tersisa.

8. Mengurangi Penggunaan Alat Elektronik

Jika Anda suka menonton televisi atau bermain smartphone menjelang jam istirahat pada malam hari, mungkin ini adalah waktunya untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Nyatanya, kebiasaan-kebiasaan ini justru membuat Anda semakin sulit terlelap. Ya, semakin intens menggunakan alat elektronik, semakin sulit Anda tertidur pada malam hari.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Pilek pada Anak

Hal ini tentu saja berisiko membuat kualitas tidur berkurang, hingga Anda mengalami berbagai gangguan tidur karena tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Oleh sebab itu, meski terasa nyaman dan seru, lebih baik jauhkan gadget dari pandangan mata, setidaknya satu jam sebelum mulai memejamkan mata.

9. Mengatur Pola Makan

Ternyata, pola makan juga memiliki pengaruh. Agar bisa tidur dengan cepat, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan pola makan sehat. Baru-baru ini, beberapa penelitian menjelaskan bahwa beberapa jenis makanan dan nutrisi dapat membuat Anda cepat tertidur.

Beberapa jenis makanan dan nutrisi tersebut adalah makanan yang kaya akan triptofan, seperti kalkun, keju, dan ikan. Lalu, ada pula makanan yang kaya akan melatonin, seperti buah ceri, buah tomat, dan kacang kenari.

10. Mandi Air Hangat

Berbicara tentang suhu tidur yang ideal, dilansir dari Real Simple, ada penelitian menunjukkan bahwa mandi air hangat atau mandi di malam hari, satu atau dua jam sebelum tidur, dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak. 

Jika Anda mengatur waktu dengan tepat, berendam air hangat secara alami akan memanaskan tubuh Anda sementara proses pendinginan akan membuat penurunan suhu tubuh Anda sebelum tidur menjadi lebih terasa. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga