10 Cara Gampang Merawat HP Agar Tak Cepat Rusak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 20 September 2022
0 dilihat
10 Cara Gampang Merawat HP Agar Tak Cepat Rusak
HP sudah menjadi kebutuhan panting bagi sebagaian masyarakat. Makanya penting untuk menjaga HP agar tetap awet. Foto: Repro bukaandroid.com

" Ada baiknya kita mengetahui cara merawat HP agar bisa awet dan tidak cepat rusak "

KENDARI, TELISIK.ID - HP sudah menjadi kebutuhan bagi sebagain besar masyarakat yang hidup di zaman teknologi saat ini. Makanya perusahaan HP pun menangkap peluang ini untuk terus menghadirkan berbagai inovasi HP.

Namun bagi masyarakat yang cerdas jangan mudah gonta ganti HP, apalagi jika HP sebelumnya masih normal dan sesuai dengan kebutuhan. Sebab hal itu bakal menguras isi dompet yang tidak terlalu penting untuk dipenuhi.

Mengganti HP baru dilakukan baiknya saat HP sebelumnya memang sudah rusak. Namun ada baiknya kita mengetahui cara agar HP bisa awet dan tidak cepat rusak agar kita bisa lebih hemat.

Melansir yoursay.suara.com dan bisnis.com, berikut beberapa tips untuk menjaga HP bisa awet alias panjang umur:

1. Gunakan Charger Original

Tips yang pertama ini termasuk paling vital. Karena menggunakan charger yang original dapat menjaga umur baterai ponsel jadi lebih tahan lama. Sebaliknya, jika menggunakan charger yang tidak original dengan standard kualitas HP, ketidaksesuaian itulah yang akan mengakibatkan cepat rusak.

Baca Juga: Semakin Canggih, Begini Kehebatan Teknologi Al pada Kamera Smartphone

Adapun penggunaan power bank dalam pengisian daya juga tidak disarankan jika terlalu sering, karena panas yang ditimbulkan juga dapat mengakibatkan HP rusak.

2. Selalu Rutin Membersihkan HP dari Debu

Penggunaan HP yang fleksibel membuat kamu sering membawanya ketika bepergian dari rumah. Hal ini sontak membuat HP kamu rentan sekali terkena debu. Pasalnya, debu yang mengendap terlalu lama di HP akan mengakibatkan perangkat HP cepat panas.

Jadi, setelah digunakan keluar rumah kamu harus rutin membersihkannya. Untuk alat pembersihnya sendiri sebenarnya cukup dengan menggunakan apapun jenis lap.

Namun, jika menginginkan hasil pembersihan yang maksimal, gunakanlah lap microfiber atau lap kacamata.

3. Hindari Penggunaan HP di Tempat Panas

Tips yang satu ini juga tidak kalah penting. HP memiliki perangkat yang sangat sensitif jika digunakan di suhu tinggi. Suhu normal pada penggunaan HP berkisar 16 hingga 30 derajat celcius saja.

Jadi, jika kamu keluar rumah, simpanlah HP di tempat yang sejuk dan aman, contohnya seperti tas.

4. Mengisi Daya Sesuai Kebutuhan

Banyak yang mengira mengisi daya HP 100 persen akan membuatnya menjadi lebih awet. Namun, itu semua salah, karena baterai ponsel sendiri berbahan dari lithium-ion (Li-on) yang kapasitasnya bisa menurun bila mendapatkan tegangan yang tinggi.

Perlu kamu ketahui juga lapisan lithium metalik baterai jika terus mendapat arus listrik, akan memicu baterai HP menjadi tidak stabil. Disarankan melakukan pengisian daya di rentang angka 30-80 persen agar voltase baterai tetap rendah, sehingga membuat baterai HP menjadi lebih awet tahan lama.

5. Jangan Bermain Game Saat HP Sedang Mengisi Daya

Main game adalah kebiasaan mayoritas anak zaman sekarang. Tak heran jika anak muda zaman sekarang menggunakan HP setiap waktu dan terkadang tanpa henti. Saat pengisian daya pun mereka tetap bermain game.

Ini harus kamu hindari, karena jika kamu melakukan pengisian daya sambil main HP, beban daya baterai akan membesar, sehingga menyebabkannya jadi lebih mudah drop. Kamu juga harus sering memfilter aplikasi apa saja yang menghabiskan RAM dan CPU dalam ponsel.

6. Gunakan Screen Protector Agar Layar HP Aman

Kamu kadang tidak hati-hati ketika menggunakan HP. Sampai-sampai HP mu jatuh ke lantai atau media yang bertekstur keras lainnya. Maka dari itu, kamu harus melindungi layar LCD HP dengan screen protector yang berkualitas.

Ini akan membantu melindungi HP dari benturan keras. Selain itu penggunaan screen protector juga dinilai aman dari benda-benda yang tajam. Jadi, ketika HP kamu jatuh atau terkena benda tajam, hanya akan menimbulkan goresan-goresan kecil saja.

7. Gunakan Antivirus

Sistem perangkat HP mu sangat rentan terkena virus. Virus tersebut datang dari bentuk spam aplikasi seperti pesan teks ataupun lampiran email. Jadi, kamu harus membersihkan sistem perangkat HP mu dengan antivirus minimal tiga hari sekali.

Baca Juga: Institut Sains Teknologi dan Kesehatan Aisyiyah Hadir di Kendari, Siapkan 3 Program Studi

8. Menghapus Aplikasi Tidak Penting

HP kamu pasti sering mengalami slow respons saat membuka ataupun menutup aplikasi. Ini disebabkan karena adanya beberapa aplikasi yang memakan RAM dan CPU cukup besar. Kamu harus menghapus aplikasi yang kira-kira tidak penting dan membuat performa HP menurun.

9. Matikan Bluetooth Saat Tidak Dipakai

Dengan mematikan bluetooth, Anda dapat mencegah unduhan yang tak perlu dan mungkin berbahaya untuk ponsel.

Selain itu, dengan mematikan bluetooth tak akan ada peretas yang bisa masuk untuk membaca data kamu yang tersimpan di ponsel.

10. Matikan Ponsel Sekali dalam Seminggu

Cara terakhir, dengan matikan ponsel kemudian diamkan hingga beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa menyalakannya kembali.

Hal ini akan membantu mempercepat kerja ponsel, memperpanjang daya tahan baterai, mengosongkan semua beban yang tak diperlukan memori dan mencegah kerusakan lainnya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga HP tetap awet dan tahan lama. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga