10 Cara Ini Bisa Hindari Jerawat Muncul Kembali

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 09 Juni 2021
0 dilihat
10 Cara Ini Bisa Hindari Jerawat Muncul Kembali
Seorang muslimah memperhatikan jerawat di wajahnya yang muncul kembali. Foto: Repro Dream.co.id

" Memiliki wajah yang selalu terlihat bersih adalah idaman setiap orang. Sehingga berbagai perawatan pun dilakukan, termasuk merawat kulit wajah agar tak berjerawat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki wajah yang selalu terlihat bersih adalah idaman setiap orang. Sehingga berbagai perawatan pun dilakukan, termasuk merawat kulit wajah agar tak berjerawat.

Dilansir dari alodokter.com, jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana saja, tetapi lebih sering terjadi di area wajah. Hal ini dikarenakan kulit wajah memiliki banyak kelenjar minyak yang bisa membuat pori-pori tersumbat saat produksi sebum berlebihan.

Penyumbatan pori-pori yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri inilah yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah.

Oleh karena itu, pencegahan jerawat harus dimulai dengan merawat kebersihan kulit dengan tepat.

Meski terkesan sederhana, perawatan kulit wajah dari luar yang dilakukan secara rutin dan tepat bisa membuat jerawat tidak mudah muncul kembali.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah jerawat yang dapat Anda lakukan:

1. Bersihkan wajah secara rutin

Langkah awal sekaligus yang terpenting untuk mencegah jerawat muncul kembali adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah. Bila wajah jarang dibersihkan, kotoran, debu, sel kulit mati, dan minyak atau sebum bisa menumpuk di kulit wajah, sehingga menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

Oleh karena itu, Anda disarankan membersihkan wajah 2 kali sehari menggunakan face wash atau sabun muka berbahan kimia lembut dan bebas alkohol untuk mencegah iritasi kulit. Setelah dibersihkan, jangan lupa keringkan wajah dengan handuk bersih.

2. Gunakan pelembap

Kondisi kulit wajah yang terlalu kering dapat memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan jerawat lebih mudah muncul.

Oleh karena itu, setelah membersihkan wajah, gunakan pelembap sesuai jenis kulit wajah. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga wajah tetap lembap dan elastis.

Selain itu, Anda juga dapat memilih pelembap berlabel noncomedogenic yang telah diformulasikan secara khusus dan tidak menyumbat pori-pori. Pelembap jenis ini menyebabkan komedo dan jerawat tidak mudah muncul.

3. Gunakan tabir surya

Selalu gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan untuk menghindari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit dehidrasi. Dehidrasi pada kulit akan memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak dan membuat jerawat mudah muncul kembali.

Pastikan juga tabir surya yang digunakan dapat menghalau sinar UVA dan UVB untuk melindungi kulit dari keriput dan mengurangi risiko terkena kanker kulit.

4. Batasi penggunaan make up

Sebagian orang mungkin akan mencoba menutupi jerawat dengan menggunakan make up secara berlebihan. Padahal, hal ini justru dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan memicu terjadinya breakout pada wajah.

Oleh karena itu, untuk mencegah jerawat muncul kembali, batasi pemakaian make up. Jika ingin merias wajah, gunakan produk yang tidak mengandung parfum dan bebas minyak.

Baca juga: Pemula Wajib Tahu Hal Ini Sebelum Mencoba Produk Skincare

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Tubuh dengan Lemak Berlebih

Baca juga: 4 Cara Membuat Masker Wajah untuk Kulit Kusam Menggunakan Bahan Alami

5. Jangan menyentuh wajah

Pastikan Anda mencuci tangan hingga bersih terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Jika wajah sering disentuh dengan tangan yang kotor, bakteri dari tangan bisa berpindah ke wajah dan memicu penyumbatan pori-pori serta munculnya jerawat.

6. Batasi konsumsi makanan tinggi gula dan kalori

Batasi konsumsi gorengan, makanan siap saji, produk susu, dan minuman manis. Jenis makanan dan minuman tersebut dapat memicu munculnya jerawat. Sebaliknya, perbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian, karena mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit.

7. Lakukan olahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin dapat melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan suplai oksigen ke kulit, serta mengontrol keseimbangan hormon tubuh. Hal ini dapat mencegah dan mengurangi munculnya jerawat pada wajah.

8. Perbanyak konsumsi air putih

Kulit yang mengalami dehidrasi dapat memicu produksi minyak berlebih penyebab munculnya jerawat. Oleh karena itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan cara mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.

9. Hindari stres

Saat stres, kondisi jerawat pada wajah dapat memburuk karena tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol atau hormon stres yang dapat memicu produksi minyak berlebih.

Untuk meredakan stres, Anda bisa mencoba beberapa cara seperti berolahraga secara rutin, melakukan relaksasi atau kegiatan yang disukai, mendengarkan musik favorit, atau meditasi.

10. Nutrisi kulit

Dilansir kompas.com, tips mencegah jerawat yang tak kalah penting diperhatikan adalah selalu menutrisi kulit dengan makanan yang tepat.

Makanan tertentu juga bisa memicu hadirnya jerawat. Misalnya, gorengan, junk food, atau makanan yang mengandung produk susu dan makanan tinggi gula.

Sebaiknya, konsumsi lebih banyak buah-buahan segar, sayuran, atau biji-bijian agar kulit lebih sehat, cantik, dan terawat.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, berbagai cara mencegah jerawat di atas perlu dilakukan secara konsisten. Namun, bila cara-cara tersebut dirasa tidak efektif atau jerawat yang dialami semakin memburuk, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga