10 Jus Ini Diklaim Bisa Turunkan Darah Tinggi untuk Ibu Hamil

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 15 Juli 2024
0 dilihat
10 Jus Ini Diklaim Bisa Turunkan Darah Tinggi untuk Ibu Hamil
Minum jus buah secara teratur bagi ibu hamil, dapat menurunkan risiko darah tinggi. Foto: Repro Istockphoto

" Selain dengan obat-obatan, tekanan darah tinggi saat hamil juga bisa dikontrol dengan menerapkan gaya hidup sehat yaitu dengan minum jus buah "

JAKARTA, TELISIK.ID - Jus penurun darah tinggi saat hamil umumnya terbuat dari buah-buahan tinggi antioksidan dan mineral, seperti kalium dan magnesium.

Jus ini bisa ibu hamil (bumil) konsumsi untuk membantu mengontrol tekanan darah selama hamil. Dengan begitu, risiko terjadinya berbagai komplikasi kehamilan pun bisa berkurang.

Tekanan darah tinggi saat hamil atau hipertensi gestasional adalah kondisi ketika tekanan darah ibu hamil di atas angka 140/90 mmHg. Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa berkembang menjadi preeklamsia.

Oleh karena itu, penting bagi bumil untuk menjaga tekanan darah tetap normal guna mencegah terjadinya komplikasi kehamilan tersebut. Selain dengan obat-obatan, tekanan darah tinggi saat hamil juga bisa dikontrol dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut berbagai pilihan jus yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil bersumber dari alodokter.com, Senin (15/7/2024):

1. Jus Tomat

Jus tomat diketahui bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaganya tetap normal berkat kandungan kalium dan antioksidannya yang cukup tinggi. Kalium merupakan mineral yang bisa menjaga pembuluh darah tetap lentur sehingga aliran darah di dalam tubuh bisa tetap lancar. Dengan begitu, tekanan darah pun akan lebih terkontrol.

2. Jus Buah Bit

Jus buah bit juga bisa menjadi pilihan jus penurun darah tinggi saat hamil. Buah bit mengandung kalium dan antioksidan yang melimpah. Salah satu jenis antioksidan yang terdapat pada buah bit adalah betalain, yang juga berperan sebagai pemberi warna merah alami pada buah ini.

Baca Juga: 

Selain membantu mengontrol tekanan darah, buah bit juga mengandung asam folat yang bisa mencegah anemia pada ibu hamil.

3. Jus Pisang

Pisang termasuk buah tinggi kalium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, mengatur detak jantung, serta mengendalikan tekanan darah. Selain nikmat dikonsumsi langsung, buah berwarna kuning ini juga bisa diolah menjadi jus.

4. Jus Kiwi

Tekanan darah tinggi saat hamil yang tidak terkontrol dengan baik bisa menimbulkan beragam komplikasi serius, seperti preeklamsia hingga keguguran. Selain mengonsumsi obat penurun tekanan darah serta membatasi konsumsi garam, Bumil juga bisa mengonsumsi jus kiwi. Buah berwarna hijau ini mengandung kalium yang bisa menjaga tekanan darah tetap stabil dan tinggi vitamin C yang baik untuk imunitas agar Bumil tidak mudah sakit.

5. Jus Anggur

Selain rasanya yang enak, jus anggur juga termasuk jus penurun darah tinggi saat hamil. Kandungan kalium dan polifenol dalam buah berbentuk seperti kelereng ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah. Jus ini juga bisa memberikan energi tambahan bagi tubuh sehingga Bumil tidak mudah lelah dan bisa lebih fit saat beraktivitas.

6. Jus Semangka

Jus semangka mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, dan asam amino L-citrulline. Sejumlah nutrisi ini terbukti bisa menurunkan tekanan darah agar tetap normal, seperi dilansir dari halosehat.com.

7. Jus Delima

Buah delima mengandung antioksidan polifenol yang bisa mengurangi peradangan di dinding pembuluh darah. Antioksidan ini juga bisa mencegah kerusakan pembuluh darah dan mengurangi risiko terjadinya plak akibat penumpukan kolesterol sehingga baik untuk mengontrol tekanan darah.

Jus delima juga tinggi kandungan antosianin yang terbukti bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga baik untuk kesehatan Bumil dan janin.

8. Jus Jeruk

Jus jeruk memiliki manfaat luar biasa untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, termasuk tekanan darah tinggi. Manfaat ini berasal dari kandungan kalium yang melimpah.

Baca Juga: Manfaat Prenatal Yoga Ibu Hamil bersama Suami

Selain itu, jus ini juga kaya akan elektrolit, sehingga cocok dikonsumsi ketika Bumil merasakan gejala mual dan muntah. Rasa dan aromanya yang segar juga baik untuk menghalau morning sickness.

9. Jus Stroberi

Tak hanya segar dan nikmat, jus stroberi juga bergizi dan bisa memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Salah satu manfaat jus stroberi adalah membantu mengontrol tekanan darah. Jus stroberi termasuk jus penurun darah tinggi saat hamil karena kandungan kalium dan antioksidannya yang cukup tinggi.

Selain baik untuk mengontrol tekanan darah, jus stroberi juga kaya akan vitamin C, sehingga bisa menguatkan daya tahan tubuh dan membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Dengan begitu, Bumil pun bisa terhindar dari anemia.

10. Jus Timun

Jus timun mengandung dua nutrisi yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi, yakni antioksidan dan kalium. Selain itu, rutin mengonsumsi jus timun juga baik untuk kesehatan kulit ibu hamil karena buah ini tinggi air dan elektrolit, sehingga bisa mencegah dan mengatasi dehidrasi.

Itulah sejumlah jus penurun darah tinggi saat hamil yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain bisa mengontrol tekanan darah agar tetap normal, beragam jus buah tersebut juga mengandung serat yang dapat mencegah dan mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Agar bumil bisa memperoleh nutrisi yang terkandung di dalam jus buah dengan maksimal, pastikan bumil tidak menambahkan gula atau kental manis karena buah sudah mengandung gula alami.

Bumil juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jus buah lebih dari dua gelas per hari karena konsumsi jus berlebihan bisa membuat perut bumil kembung dan tidak nyaman. Selain minum jus, pastikan bumil juga mengonsumsi makanan sehat serta memenuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih, setidaknya 2–3 liter per hari. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga