10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia Ini Bisa Jadi Referensi Studi ke Luar Negeri

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 25 Juli 2023
0 dilihat
10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia Ini Bisa Jadi Referensi Studi ke Luar Negeri
Kota pelajar terbaik di dunia saat ini dipegang London. Foto: Repro Kalderanews.com

" Bagi Anda yang berniat untuk studi di luar negeri, harus memperhatikan standar dan kualitas pendidikan di negara yang akan Anda tuju "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi Anda yang berniat untuk studi di luar negeri, harus memperhatikan standar dan kualitas pendidikan di negara yang akan Anda tuju.

Dilansir dari Detik.com, lembaga pemeringkatan universitas Quacquarelli Symonds (QS) merilis ranking kota-kota terbaik di dunia untuk kuliah melalui QS Best Student CIties 2024. Pada edisi ke-11 yang terbaru ini, pemeringkatan memperhitungkan 160 kota, lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 140.

London kembali menjadi kota yang ada di peringkat pertama. Dikutip dari laman resminya, berikut 10 kota teratas di daftar kota terbaik buat kuliah ini.

Berikut 10 kota terbaik di dunia yang bisa jadi referensi Anda untuk belajar di luar negeri.

1. London

2. Tokyo

3. Seoul

4. Melbourne

5. Munich

6. Paris

7. Sydney

8. Berlin

9. Zurich

10. Boston

Baca Juga: Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Finlandia Dinobatkan Negara Paling Bahagia

Dikutip dari Kompas.com, adapun QS Best Student Cities 2024, melakukan penilaian berdasarkan enam indikator utama yakni:

- University rankings

- Student mix

- Desirability

- Employer activity

- Affordability

- Student voice.

Keenam indikator tersebut memiliki bobot yang sama saat menghitung keseluruhan urutan indeks, tetapi indikator dalam setiap kategori mungkin memiliki bobot yang berbeda.

Selain itu, QS Best Student Cities juga mempertimbangkan setiap kota harus memiliki populasi minimal 250.000 juga menjadi “tuan rumah” bagi minimal dua universitas yang ditampilkan dalam QS World University Rankings terbaru.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Melalui Pendidikan Guru Penggerak

Pertimbangan lain, seperti keterjangkauan biaya pendidikan, biaya hidup, jumlah pelajar internasional, keamanan dan kesehatan, serta survei dari mahasiswa.

Di Indonesia, kota yang memenuhi kriteria QS Best Student Cities 2024 ada 4, yakni Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya. Jakarta dan Surabaya masuk di peringkat 31 dan 32 Kota Pelajar Terbaik di dunia level Asia. Disusul Bandung dan Surabaya, pada peringkat 36 dan 39.

Untuk level Asia Tenggara, Jakarta menduduki peringkat 7, Yogyakarta pada peringkat 8 dari 10 Kota Pelajar terbaik di Asean. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga