10 Manfaat Air Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 12 Juni 2024
0 dilihat
10 Manfaat Air Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh
Kunyit adalah bumbu dapur yang kaya manfaat kesehatan. Integrasi kunyit ke dalam pola makan harian dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Foto: Kolase/google.com

" Kunyit, atau Curcuma longa, adalah tanaman rempah yang dikenal luas di berbagai negara, terutama di Asia Selatan dan Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Kunyit, atau Curcuma longa, adalah tanaman rempah yang dikenal luas di berbagai negara, terutama di Asia Selatan dan Tenggara.

Dikutip dari alodokter.com, kunyit tidak hanya berperan dalam melezatkan masakan, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Bumbu dapur yang sering digunakan sebagai pewarna kuning alami ini telah lama dikenal sebagai obat herbal, efektif dalam mengatasi dan mencegah berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan pernapasan hingga penyakit kronis.

Kepercayaan akan manfaat kesehatan kunyit telah diwariskan dari generasi ke generasi dan menjadi bagian penting dari pengobatan tradisional. Sumber utama khasiat kunyit adalah kandungan kurkumin dalam rimpangnya. Kurkumin tidak hanya memberi warna kuning yang khas, tetapi juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang signifikan.

Kunyi juga memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional. Salah satu cara konsumsi kunyit yang populer adalah melalui air kunyit, yaitu minuman yang dibuat dengan mencampurkan kunyit dengan air.

Melansir siloamhospital.com, berikut adalah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan:

Baca Juga: Celana Jeans Ketat Bisa Berakibat Fatal untuk Alat Reproduksi Pria hingga Dampak Negatif dengan Kesuburan

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung senyawa antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri yang dapat membantu sistem imun melawan radikal bebas dan mencegah infeksi dari berbagai mikroba penyebab penyakit.

2. Meredakan Nyeri Haid

Kandungan kurkumin dalam kunyit membantu mengurangi kontraksi otot rahim selama menstruasi, meningkatkan sirkulasi darah, dan menyeimbangkan kadar hormon, sehingga dapat mengurangi risiko haid tidak teratur, jerawat, dan gangguan keseimbangan hormon lainnya.

3. Meredakan Gatal-Gatal pada Kulit

Kunyit membantu meredakan gatal-gatal akibat kondisi medis seperti dermatitis atopik (eksim), penyakit ginjal kronis, psoriasis, dan infeksi kulit. Untuk hasil optimal, campurkan kunyit dan ekstrak lada hitam sebagai minuman herbal.

4. Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Kurkumin dalam kunyit meningkatkan produksi mukus yang melindungi dinding lambung dari enzim pepsin dan asam lambung, membantu meredakan dispepsia, dan mengurangi risiko tukak lambung. Senyawa antioksidan dan antiradang dalam kunyit juga memperlancar kinerja otot saluran pencernaan, meredakan perut kembung, dan irritable bowel syndrome.

5. Menurunkan Berat Badan

Senyawa antiinflamasi dalam kunyit dapat menekan respons peradangan pada sel tubuh yang dipicu oleh obesitas. Efek antioksidan kunyit menghambat diferensiasi adiposit, sel yang menyimpan energi dalam bentuk lemak.

6. Meminimalkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kandungan kurkumin dalam kunyit melindungi endotelium, lapisan pembuluh darah, sehingga mengoptimalkan kerja jantung dalam memompa darah. Antioksidan dan antiinflamasi kunyit juga mengurangi gejala penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, dan fibrosis paru.

7. Mengendalikan Gula Darah

Mengonsumsi kunyit secara rutin meningkatkan kinerja hormon insulin, membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Efek antiinflamasi kunyit juga meminimalkan risiko komplikasi peradangan akibat diabetes.

8. Memelihara Fungsi Otak

Senyawa antiinflamasi dalam kunyit meminimalkan risiko peradangan di otak, meningkatkan daya ingat, dan membantu menangani penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Ini Dampak Positif Pengasuhan Ayah Terhadap Kecerdasan Anak

9. Mengurangi Gejala Depresi

Konsumsi kunyit dapat mengoptimalkan kerja obat antidepresan dalam mengendalikan gejala depresi. Kurkumin dalam kunyit juga meningkatkan produksi hormon dopamin dan serotonin yang mengatur suasana hati.

10. Meminimalkan Risiko Kanker

Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki efek antiinflamasi yang membantu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas kunyit dalam meminimalkan risiko kanker.

Nah, itulah beberapa manfaat dari air kunyit untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga