10 Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik di Dunia, Paling Enak Tinggal di Sini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 20 September 2023
0 dilihat
10 Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik di Dunia, Paling Enak Tinggal di Sini
Kanada jadi negara dengan kualitas hidup terbaik ke-3 di dunia. Foto: Repro Kompas.com

" US News and World Report merilis daftar 10 negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Kualitas hidup masyarakat dalam suatu negara mencerminkan harapan hidup. Negara dengan kualitas hidup yang baik membuat rakyatnya punya harapan hidup yang panjang dibanding negara lain.

Dilansir dari Kompas.com, US News and World Report merilis daftar 10 negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Untuk menentukan peringkat 87 negara yang terdaftar, US News and World Report, WPP dan Wharton School dari University of Pennsylvania mensurvei lebih dari 17.000 orang di seluruh dunia.

Beberapa indikator penilaian negara dengan kualitas hidup terbaik dilihat dari keterjangkauan harga, pasar tenaga kerja, stabilitas ekonomi, ramah keluarga, kesetaraan pendapatan, dan stabilitas politik.

Tak hanya itu, keamanan, sistem kesehatan masyarakat, dan sistem pendidikan juga jadi faktor penentu mana negara yang paling baik dari segi kualitas hidup. Dilansir dari CNBC, Swedia didapuk menjadi negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia.

Biaya hidup di Swedia rata-rata 20,9 persen lebih rendah dibandingkan Amerika Serikat (AS). Swedia juga terkenal dengan layanan kesehatan dan pendidikan perguruan tinggi gratisnya.

Baca Juga: Deretan Negara dengan Gaji Kerja Tinggi dan Rendah Pajak, Cocok untuk Ditinggali di 2023

Menurut CIA World Factbook, penduduk Swedia merupakan salah satu negara dengan harapan hidup terpanjang, dengan usia rata-rata 82,8 tahun. Tak hanya itu, Swedia juga memiliki kebijakan cuti yang istimewa.

Sebagai contoh, tiap orang tua berhak atas cuti berbayar selama 240 hari ketika kelahiran anak atau adopsi. Sementara itu, Norwegia menempati posisi kedua negara terbaik dalam hal kualitas hidup.

Dikutip dari Liputan6.com, selain Swedia, berikut adalah 10 negara terbaik di dunia yang memiliki kualitas hidup terbaik:

Baca Juga: Simak, 5 Kebiasaan Ini Bisa Perbaiki Kualitas Hidup Kamu

1. Swedia

2. Norwegia

3. Kanada

4. Denmark

5. Finlandia

6. Swiss

7. Belanda

8. Australia

9. Jerma

10. Selandia Baru. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga