10 Negara dengan Sistem Pensiun Terbaik di Dunia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
10 Negara dengan Sistem Pensiun Terbaik di Dunia
Sistem pendapatan pensiun menjadi hal yang penting. Negara di dunia memiliki perbedaan dalam mengatur sistem pendapatan pensiun ini. Foto: Repro Goodstats.id

" Indeks Pensiun Global Mercer CFA Institute 2023 menobatkan Belanda menjadi negara yang memiliki sistem pensiun paling kuat di dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketika memasuki masa pensiun, beberapa orang memutuskan untuk beristirahat atau menghabiskan hidup dengan melakukan hobi yang disenangi. Sayangnya, tak sedikit pula orang yang sudah pensiun serba kekurangan karena sudah tak punya penghasilan.

Dilansir dari Kompas.com, sistem pendapatan pensiun menjadi hal yang penting. Negara di dunia memiliki perbedaan dalam mengatur sistem pendapatan pensiun. Dilansir dari CNBC, Indeks Pensiun Global Mercer CFA Institute 2023 menobatkan Belanda menjadi negara yang memiliki sistem pensiun paling kuat di dunia.

Peringkat tersebut diikuti oleh Islandia, Denmark, dan Israel. Negara-negara tersebut memiliki sistem pendapatan pensiun kelas satu. Sistem pendapatan pensiun di negara-negara tersebut memberikan manfaat yang baik, berkelanjutan, dan memiliki integritas yang tinggi.

Negara-negara di atas memiliki nilai A dalam sistem penilaian tersebut. Sedangkan, Inggris, Kanada, Selandia Baru, dan Jerman memiliki rata-rata nilai B. Hal tersebut berarti sistemnya sudah diatur dengan baik, tetapi masih ada ruang untuk perbaikan.

Adapun negara dengan nilai C+ dihuni oleh Amerika Serikat (AS), Kazakhstan, Kolombia, Prancis, dan Spanyol. Negara ini disebut memiliki beberapa fitur bagus dalam sistem pensiunnya, tetapi juga memiliki risiko besar dan kekurangan yang dapat berdampak pada kemanjuran sistem.

Baca Juga: Segini Uang Pensiun Rafael Alun Jika Tak Berulah, Harta Miliaran Ditemukan Lagi

Sementara dikutip dari Sindonews.com, berikut adalah 10 negara yang menjadi tempat pensiun terbaik.

1. Norwegia

Bank Dunia mencatat harapan hidup hampir 83, dibandingkan dengan rata-rata dunia 72 dan 77 untuk Amerika Serikat. Norwegia juga dikatakan memiliki sistem pensiun swasta dan publik yang kuat dengan peringkat ketujuh dalam Indeks Pensiun Global Mercer.

Namun, Indeks Pensiun Global Natixis menempatkan Norwegia berada di peringkat teratas tahun ini karena beberapa alasan. Sebagai permulaan, Norwegia mencapai skor tertinggi dalam kategori Kesehatan, sebagian besar karena harapan hidup rata-rata yang tinggi, yaitu 83 tahun, atau 9 tahun lebih lama dari rata-rata global.

Norwegia juga memiliki skor tertinggi dari semua negara untuk pemerintahan, sebuah kategori yang diukur dengan menilai tingkat korupsi negara, stabilitas politik, dan efektivitas pemerintahan, dan berada dalam hubungan tiga arah dengan Jepang dan Luksemburg dalam kategori Kesehatan.

2. Swiss

Warga Swiss memiliki harapan hidup 83 tahun. Tapi Swiss dikenal memiliki standar hidup (dan biaya tinggi) yang tinggi dan pajak yang rendah serta tempat yang indah untuk dikunjungi. Negara ini telah membentuk Program Residensi Pensiun khusus untuk mengakomodasi pensiunan yang ingin menetap di sana.

Swiss adalah negara terbaik untuk faktor lingkungan, dan juga memiliki skor keseluruhan tertinggi dalam kategori Keuangan dalam pensiun.

3. Islandia

Islandia memiliki dengan harapan hidup 83 tahun, Islandia memiliki sistem pensiun peringkat nomor satu untuk pensiunan lokalnya.

4. Irlandia

Harapan hidup adalah 82 tahun di Irlandia, sebuah negara yang menurut International Living tercatat fatau pesona orang-orangnya dan bentang alamnya. Menurut Wise, perusahaan teknologi keuangan valuta asing berbasis di Inggris, menyatakan Irlandia juga dikenal memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah dan sistem perawatan kesehatan pemerintah yang murah.

5. Australia

Harapan hidup adalah 83 tahun dan Wise menggambarkan negara itu memiliki pantai yang indah, orang-orang yang ramah, dan perawatan kesehatan universal.

Baca Juga: Janda di Kota Baubau Tak Terima Pensiun Suami Selama 4 Tahun Setelah Meninggal

6. Selandia Baru

Harapan hidup adalah 82 tahun. Wise mengatakan negara ini terkenal dengan kualitas hidup yang tinggi dan biaya hidup yang relatif rendah.

7. Luksemburg

Harapan hidup adalah 82 dan biaya hidup yang relatif tinggi. Menurut Expatica, negara ini “membanggakan kekayaan alam, budaya, seni, dan sejarah”.

8. Belanda

Harapan hidup adalah 81 tahun. Wise mengatakan sistem perawatan kesehatan adalah salah satu yang terbaik di dunia. Wise menyatakan, negara ini bersahabat dengan ekspatriat dan budayanya "terbenam di alam".

9. Denmark

Harapan hidup adalah 82 tahun. Menurut Wise, kualitas hidup negara itu "terkenal hebat", meskipun biaya hidup tinggi, tetapi rata-rata untuk Eropa.

10. Republik Ceko

Harapan hidup adalah 78 tahun. Menurut Expat Arrivals, meskipun biaya hidup di Praha sebanding dengan negara lain. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga