10 Persen Warga Kota Baubau Enggan Bawa Anak Imunisasi

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 19 Mei 2023
0 dilihat
10 Persen Warga Kota Baubau Enggan Bawa Anak Imunisasi
Kegiatan imunisasi yang berlangsung di Kelurahan Katobengke Kota Baubau di hari pekan imunisasi sedunia. Foto: Elfinasari/Telisik

" Imunisasi adalah upaya pencegahan penyakit menular dengan memberikan vaksin, sehingga terjadi imunitas (kekebalan) terhadap penyakit "

BAUBAU, TELISIK.ID - Imunisasi adalah upaya pencegahan penyakit menular dengan memberikan vaksin, sehingga terjadi imunitas (kekebalan) terhadap penyakit.

Imunisasi sangat penting untuk anak usia 0-59 bulan, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaatnya untuk membentuk kekebalan tubuh bayi maupun balita ketika ada bibit penyakit yang masuk dengan imunisasi yang lengkap, maka bisa menangkap penyakit seperti polio dan lainnya.

Ada beberapa posyandu di Kota Baubau dengan persentase sekitar 10 persen yang orang tuanya masih enggan untuk membawa anaknya untuk imunisasi.

Baca Juga: Puluhan Calon Jemaah Haji Kota Baubau Gagal Berangkat 

"Berbagai alasan, mulai dari anaknya sakit, keluar kota atau orang tuanya sakit dan kesibukan-kesibukan lain. Padahal itu sudah diingatkan kepada ibu-ibu yang mempunyai bayi dan balita satu hari sebelum kegiatan imunisasi," tutur Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Baubau, dr Pangeran Abdul Azis pada hari pekan imunisasi sedunia, Jumat (19/5/2023).

Imunisasi berjalan rutin setiap bulan di seluruh posyandu, sehingga ia berharap untuk meningkatkan peran serta di seluruh lapisan masyarakat, terutama untuk dilakukan imunisasi karena terdapat edukasi terkait imunisasi apa yang didapat dan dampaknya.

Hal serupa juga diungkap oleh Kepala Puskesmas Katobengke, Abdul Sufian menuturkan, masyarakat Kelurahan Katobengke diperkirakan masih sekitar 20 persen ibu yang tidak membawa anaknya ke posyandu untuk imunisasi.

"Karena mayoritas kerja semua, ada kesibukan di luar atau ibunya sakit, sehingga tidak membawa anaknya di posyandu," tuturnya.

Baca Juga: Partai Garuda Tak Daftar Bacaleg ke KPU Kota Baubau hingga Penutupan

Untuk jumlah sasaran di Kelurahan Katobengke saat ini ada 23 bayi dan 72 balita. Pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengingatkan kepada para ibu yang memiliki anak di usia 0-59 bulan untuk melakukan imunisasi, tetapi tetap saja enggan membawa anaknya ke posyandu.

Menurut salah seorang warga yang membawa anaknya usia 5 bulan untuk imunisasi, Hasma Kasim menuturkan, tergantung ada kesempatan untuk membawa anak ke Posyandu. Tetapi diusahakan untuk selalu rutin membawa anaknya melakukan imunisasi

"Imunisasi sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan anak saya, anak saya sehat," ucapnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga