10 Rekomendasi Olahraga Peninggi Badan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 13 April 2024
0 dilihat
10 Rekomendasi Olahraga Peninggi Badan
Ada beberapa jenis olahraga yang dapat membantu meninggikan badan. Foto: Repro google.com

" Memiliki badan tinggi yang ideal menjadi keinginan sebagian orang. Untuk mencapai itu, salah satunya dengan rutin melakukan jenis olahraga tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki badan tinggi yang ideal menjadi keinginan sebagian orang. Untuk mencapai itu, salah satunya dengan rutin melakukan jenis olahraga tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, faktor yang paling sering menjadi penentu tinggi badan seseorang adalah genetik. Akan tetapi, tinggi badan juga dapat dipengaruhi oleh asupan nutrisi dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, ternyata seseorang juga bisa meningkatkan tinggi badannya dengan melakukan jenis olahraga tertentu.

Perkembangan fisik seseorang dapat dipengaruhi dengan seberapa aktif tubuh dalam sehari-hari. Olahraga peninggi badan umumnya melibatkan gerakan dan latihan peregangan yang dapat meningkatkan tinggi badan.

Lantas, apa saja jenis olahraga yang dapat membantu meninggikan badan?

Baca Juga: Hasil Uji Coba: Timnas Indonesia U-23 Kalahkan UEA 1-0, Witan Penentu

Melansir klikdokter.com, berikut beberapa pilihan olahraga yang bisa dicoba untuk membantu menambah tinggi badan:

1. Bermain Basket

Olahraga pertama yang dapat membantu meninggikan badan adalah basket. Mengapa? Karena bermain basket melibatkan gerakan melompat yang membantu meregangkan tulang-tulang kaki dan mendorong pertumbuhan tulang.

Selain itu, olahraga peninggi badan yang satu ini juga baik untuk menguatkan otot tubuh.

2. Renang

Renang disebut-sebut sebagai salah satu olahraga peninggi badan yang cepat dan efektif. Mengapa? Ya, karena berenang melibatkan hampir semua otot tubuh, terutama otot-otot punggung, perut, dan kaki.

Dengan adanya gerakan renang yang berirama membantu meregangkan tulang belakang, sehingga memperbaiki postur tubuh dan berpotensi menambah tinggi badan.

3. Bermain Voli

Selain menjadi olahraga tim yang seru, manfaat bermain voli juga dapat disebut-sebut sebagai olahraga yang bisa membantu menambah tinggi badan dengan cepat.

Pasalnya, gerakan melompat dalam permainan voli bisa membantu meregangkan tulang-tulang kaki dan membantu mencapai tinggi badan yang kamu idam-idamkan.

4. Bermain Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan dan ringan, dan ternyata juga bisa membantu menambah tinggi badan.

Gerakan melompat dan berlari dalam bulu tangkis dapat merangsang pertumbuhan tulang dan memberikan manfaat positif bagi tinggi badanmu.

5. Bersepeda

Olahraga peninggi badan yang kedua adalah bersepeda. Olahraga ini cocok dilakukan untuk semua usia, termasuk anak-anak, remaja, hingga dewasa. Bukan cuma menyenangkan, olahraga bersepeda ini dapat membantu menambah tinggi badan kamu.

Saat bersepeda, otot-otot kaki akan bekerja keras, dan latihan ini akan membantu merangsang pertumbuhan tulang pada kaki dan bagian tubuh lainnya.

6. Lompat Tali

Lompat tali merupakan olahraga yang juga dapat membantu meningkatkan tinggi badan dengan cara yang menyenangkan.

Manfaat lompat tali bisa membantu melatih otot-otot kaki, punggung, dan tulang belakang. Latihan reguler dengan tali akan membantu membentuk otot-otot tubuh dan mempertahankan postur yang baik, yang merupakan faktor penting dalam pertumbuhan tinggi badan.

7. Bermain Tenis

Olahraga tenis ini melibatkan gerakan melompat dan berlari yang dapat merangsang pertumbuhan tulang dan membantu mencapai tinggi badan maksimal.

8. Latihan Menggantung

Jika kamu sering olahraga berat sebelum tidur, latihan menggantung sepertinya tidak boleh dilewatkan. Latihan menggantung pada alat seperti pull-up bar, bisa menjadi salah satu cara menyenangkan untuk menambah tinggi badan.

Melakukan latihan menggantung secara teratur membantu meregangkan tulang belakang dan merangsang pertumbuhan tulang.

Baca Juga: Daftar Pemain Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Panggil 4 Pemain Naturalisasi dan Liga 2 di Piala Asia U-23 2024

9. Berlatih Berdiri Tegak

Meskipun terdengar sederhana, berlatih gerakan berdiri tegak dengan postur yang baik memiliki pengaruh besar pada penampilan tinggi badan.

Ketika kamu menjaga postur tubuhmu dengan benar, kamu akan terlihat lebih tinggi dan percaya diri.

10. Berlatih Squat

Squat adalah latihan yang fokus pada otot-otot paha dan kaki. Latihan squat yang tepat dan teratur dapat membantu meningkatkan postur tubuh secara keseluruhan dan berkontribusi pada usaha mencapai tinggi badan yang ideal.

Nah, itulah beberapa pilihan olahraga yang dapat dilakukan untuk membantu meninggikan badan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga