10 Ribu Durian Musang King Mulai Ditanam di Kolaka Timur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 19 Mei 2023
0 dilihat
10 Ribu Durian Musang King Mulai Ditanam di Kolaka Timur
Kegiatan penanaman perdana durian musang king di Desa Matabondu, Kecamatan Tirawuta, Kolaka Timur. Foto: Ist.

" Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kolaka Timur melakukan penanaman perdana durian musang king, di Desa Matabondu Kecamatan Tirawuta, guna mendukung gerakan menanam 10.000 pohon durian musang king "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kolaka Timur melakukan penanaman perdana durian musang king, di Desa Matabondu Kecamatan Tirawuta, guna mendukung gerakan menanam 10.000 pohon durian musang king.

Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura, Lasky Paemba mengatakan, guna pengembangan durian pihaknya akan membagi atau akan plot di satu wilayah untuk menjadi kawasan.

Lasky menuturkan untuk jenis tanaman durian yang akan dikembangkan di Kolaka Timur itu jenis musang king dan masa berbuah untuk jenis ini juga tergantung cara mengambil bibit pohon durian.

Baca Juga: IBI Kolaka Timur Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi

"Kalau dari generatif atau biji itu sudah pasti lama tetapi kalau mengambil bibit dari cangkok atau stek batang, kalau kami sering bilang itu dari vegetatif dan kalau pemeliharaan bagus oleh petani mulai dari penanaman sampai produksi itu 5 tahun sudah panen perdana," ucapnya, Jumat (19/5/2023).

Ia menjelaskan dalam hitungan, pohon durian itu dapat menjadi investasi di hari tua, sebab ketika musim panen datang para pedagang buah durian akan datang sendiri untuk membeli.

"Jadi kita tidak usah capek-capek untuk memasarkan lagi," jelasnya.

Selain durian, buah alpukat juga dapat menjadi potensi buah untuk dapat terus dikembangkan di Kolaka Timur. Selain gampang penanaman dan perawatannya harga alpukat di pasaran juga bagus.

"Ke depan juga kita akan kembangkan Kelengkeng ada 50 hektare dan jeruk sunkist yang dapat dikembangkan," ujar Lasky Paemba.

Lasky berharap, Kolaka Timur dapat menjadi sentral buah karena secara geografis ada di tengah-tengah Sulawesi tenggara, saat ini perioritas Dinas Perkebunan dan Hortikultura dalam 5 tahun ke depan, menjadikan Kolaka Timur sebagai sentral buah di Sulawesi Tenggara.

Sementara itu Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, pemahaman dan pemikiran masyarakat sudah jauh berkembang, pemahaman akan konsumsi buah dan manfaatnya pasti sudah diketahui juga.

"Masyarakat sadar akan konsumsi, buah itu sehat untuk kesehatan tubuh," jelasnya.

Baca Juga: Sosok Ivan Gunawan, Kenalkan Motif Sorume Khas Kolaka Timur di Brand Hijab Mandjha

Ia juga mengatakan, meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang manfaat buah, pasti akan meningkatkan jumlah konsumsi buah di Kolaka Timur.

"Kan kasihan kalau minat konsumsi buah di Kolaka Timur banyak, terus buahnya didatangkan dari luar," bebernya.

Azis juga mengatakan, pemda akan selalu mendukung masyarakat dalam mengembangkan buah-buahan agar menjadi ikon di Kolaka Timur. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga