10 Ruko di Kota Lama Ludes Terbakar

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Rabu, 06 Januari 2021
0 dilihat
10 Ruko di Kota Lama Ludes Terbakar
Kebakaran ruko tua di Kota Lama. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Tak lama kemudian saya mulai melihat ada api muncul di salah satu ruko tua. Dan ternyata sumber api tersebut berasal dari Toko Masa Indah. Karena ini bangunan tua dan hampir semua lantai duanya terbuat dari kayu, sehingga api cepat membesar. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak sepuluh ruko tua di Kota Lama ludes terbakar dilahap si jago merah, sekira pukul 23.00 Wita Selasa malam (5/1/2021).

Api berhasil dipadamkan setelah enam unit Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan ke lokasi kebakaran.

Kebakaran ruko yang terletak di Jalan Pembangunan Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, itu, awalnya hanya terlihat dari salah satu ruko tua, yaitu Toko Masa Indah. Tak lama kemudian, api makin membesar dan merambah ke ruko lainnya. Hal ini dikarenakan tiupan angin laut yang semakin kuat hingga sembilan ruko lain di sekitarnya ikut terbakar.

Andi, warga Kota Lama yang kebetulan melintas di Jembatan Teluk Kendari mengungkapkan, semula ia bersama rekannya sedang duduk santai di Jembatan Teluk Kendari.

"Tak lama kemudian saya mulai melihat ada api muncul di salah satu ruko tua. Dan ternyata sumber api tersebut berasal dari Toko Masa Indah. Karena ini bangunan tua dan hampir semua lantai duanya terbuat dari kayu, sehingga api cepat membesar,"  ungkapnya.

Baca juga: Dewan Minta RT/RW di Lingkup Kota Kendari Terlibat Aktif di Musim Penghujan

Tak lama kemudian, dua unit pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berusaha memadamkan si jago merah. Namun dikarenakan tiupan angin laut yang kencang, api pun semakin membesar. Dua unit  mobil Pemadam Kebakaran tak sanggup memadamkan si jago merah, hingga bantuan empat unit Damkar pun didatangkan.

Namun sepuluh ruko sudah ludes terbakar. Banyaknya warga yang berkerumun untuk menyaksikan kejadian tersebut membuat empat unit Damkar kesulitan melintas dan memasuki TKP.

Setelah dua jam melakukan pemadaman, Api pun dapat dikuasai. Namun seluruh lantai dua ruko tersebut telah ludes dilahap si jago merah.

Sebagai imformasi, kebakaran sebelumnya pada malam tahun baru juga terjadi di lokasi yang sama. Namun api dengan cepat dapat dipadamkan hingga tidak merambah ke ruko lainnya. Hingga saat ini belum dapat dipastikan penyebab kebakaran tersebut. (B)

Reporter: Thamrin Dalby

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga