10.000 Pekerja di Bank Ini Bakal di-PHK

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 30 Januari 2021
0 dilihat
10.000 Pekerja di Bank Ini Bakal di-PHK
Perusahaan perbankan dan jasa keuangan asal Jerman berencana memangkas tenaga kerjanya sebanyak 10.000 dan menutup 340 cabang pada 2024. Foto: Repro Google.com

" Kami ingin fokus pada kekuatan Commerzbank dan mengamankan kinerjanya yang kuat untuk jangka panjang. Untuk mencapai ini, kami akan benar-benar mengurangi kompleksitas dan memangkas biaya. "

JERMAN, TELISIK.ID - Pemutusan hubungan kerja (PHK) di dunia kerja sudah menjadi hal lumrah terjadi. Apalagi jika ekonomi dalam negeri mengalami penurunan.

Jika hanya satuan, belasan hingga puluhan masih dianggap biasa, namun bagaimana jika ribuan tenaga kerja dalam satu perusahaan diberhentikan?

Hal tersebut terjadi di perusahaan perbankan dan jasa keuangan asal Jerman yang berencana memangkas tenaga kerjanya sebanyak 10.000 dan menutup 340 cabang pada 2024.

Dilansir detik.com, rencana pemangkasan tenaga kerja perusahaan perbankan dan jasa keuangan tersebut sebagai bagian dari perombakan strategis perusahaan.

Baca juga: Hina Islam, Uskup Agung Yunani Sebut Islam Bukan Agama

Dampaknya jumlah cabang di Jerman akan turun dari 790 menjadi 450 sebagai hasil dari upaya penghematan biaya perusahaan.

"Kami ingin fokus pada kekuatan Commerzbank dan mengamankan kinerjanya yang kuat untuk jangka panjang. Untuk mencapai ini, kami akan benar-benar mengurangi kompleksitas dan memangkas biaya," kata CEO Commerzbank Manfred Knof, dikutip dari CNN, Jumat (29/1/2021) kemarin.

Bank menyatakan akan menerapkan perubahan secepat mungkin dan menciptakan € 1,4 miliar atau US$ 1,7 miliar tabungan tahunan pada tahun 2024. Sementara itu, bank akan mempercepat investasinya di bidang TI. Kini saham Commerzbank (CRZBF) naik hampir 6% di Frankfurt.

"Commerzbank akan bekerja dengan perwakilan karyawan untuk menyetujui solusi yang adil dan sejauh mungkin bertanggung jawab secara sosial untuk pengurangan jumlah karyawan," katanya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga