103 Lokasi Disiapkan Tempat Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kota Kendari

Aris Mantobua, telisik indonesia
Kamis, 07 Juli 2022
0 dilihat
103 Lokasi Disiapkan Tempat Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kota Kendari
Masjid Raya Al-Kautsar dan Al-Alam akan menjadi lokasi salat Idul Adha. Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Pemerintah Provinsi dan Kementerian Agama Sulawesi Tenggara berencana menjadikan Masjid Raya Al-Kautsar dan Masjid Al-Alam Kota Kendari sebagai salah satu lokasi salat Idul Adha 1443 Hijriah/2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi dan Kementerian Agama Sulawesi Tenggara berencana menjadikan Masjid Raya Al-Kautsar dan Masjid Al-Alam Kota Kendari sebagai salah satu lokasi salat Idul Adha 1443 Hijriah/2022.

Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara, H. Zainal Mustamin mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk pelaksanaan Salat Id agar lebih longgar dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dalam kelonggaran tersebut, masyarakat tetap diimbau agar mematuhi protokol kesehatan karena masa pandemi belum usai.

"Walau masa pandemi COVID-19 mulai turun dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tetap masyarakat kami imbau agar senantiasa menggunakan masker dan hand sanitizer pada saat Salat Id. Karena itu salah satu bentuk dalam menjaga tubuh agar tidak terpapar COVID-19," ungkap Zainal Mustamin pada Telisik.id, Kamis (7/7/2022).

Terkait pelaksanaan Salat Id, secara teknis pihaknya memberikan wewenang kepada wali kota/bupati di tiap kabupaten/kota untuk mengatur lokasi yang digunakan untuk salat hari raya Idul Adha.

Baca Juga: Manfaatkan Momen COVID-19, Wanita Ini Kini Punya Usaha Sampingan

“Lokasinya sendiri bisa masjid maupun lapangan terbuka, yang penting sesuai dengan teknis pelaksanaan Salat Id di kabupaten/kota masing-masing. Lokasi pelaksanaan Salat Id untuk provinsi, akan dilaksanakan di Masjid Raya Al-Kautsar dan Al-Alam Kota Kendari," terangnya.

Di tempat berbeda, pengurus Masjid Raya Al-Kautsar Kota Kendari, Makmur mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan Masjid Al-Kautsar sebagai lokasi Salat Id.

"Kami saat ini sudah melakukan pembersihan di Masjid Al-Kautsar untuk menyambut para jemaah. Terkait dengan prokes, kami akan menyiapkan hand sanitizer dan masker jika ada jemaah yang tidak menggunakannya," ungkapnya.

Baca Juga: Bukan Hanya Sembuhkan Orang Sakit, Puskesmas Kandai Kendari Bisa Jadi Tempat Wisata

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Kendari, Muh Lalan Jaya mengatakan, pelaksanaan salat Idul Adha di Kota Kendari akan berlangsung di 103 lokasi. Jumlah tersebut sama dengan perayaan Idul Fitri yang lalu.

"Salah satu lokasinya di Masjid Al-Falah Kelurahan Lepo-Lepo, Kecamatan Baruga Kota Kendari. Tempat tersebut akan menjadi lokasi salat Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Masyarakat tetap kami imbau untuk senantiasa menggunakan masker agar terhindar dari penularan COVID-19," tutupnya.

Diketahui, hari raya Idul Adha ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia, akan berlangsung pada Minggu (10/7/2022) atau 10 Zulhijah 1443 Hijriah. (A)

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga