1.030 Petugas PTSP Dilantik, Pemkot Kendari Tekankan Netralitas dan Integritas

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 22 Januari 2024
0 dilihat
1.030 Petugas PTSP Dilantik, Pemkot Kendari Tekankan Netralitas dan Integritas
Sebanyak 1.030 peserta PTPS se-Kota Kendari yang dilantik di Hotel Kubah 9. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Jelang 23 hari Pemilu serentak 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kendari melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang 23 hari Pemilu serentak 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kendari melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Jumlah peserta PTPS yang dilantik yakni 1.030 orang yang tersebar di 11 kecamatan dan 65 kelurahan. Masa tugas PTPS yang baru saja dilantik terhitung sejak hari ini, Senin (22/01/24) hingga 21 Februari 2024.

Heri Iskandar, Perwakilan Bawaslu Sulawesi Tenggara mengatakan, dari semua tahapan Pemilu proses pemungutan suara adalah mahkota dari semua proses Pemilu.

Baca Juga: Lestarikan Budaya Lokal, Molulo Bersama di Kolam Retensi Boulevard Jadi Hiburan Warga

“Jadi harapan saya selaku perwakilan Bawaslu Sultra, setiap anggota PTPS menjaga integritas lembaga ini, menjaga kehormatan lembaga, dan bekerjalah dengan sungguh-sungguh,” tuturnya saat memberi sambutan.

Ia juga berharap, petugas PTSP melaksanakan tips-tips yang ia bagikan, yakni tertib pada regulasi, tertib administrasi dan tertib pada dokumentasi.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup berharap, petugas PTPS yang hari ini dilantik tetap menjaga integritas dan netralitas dalam melakukan pengawasan sehingga menghasilkan pemilu yang bebas jujur dan adil.

“Pesan khususnya, petugas ini betul-betul melaksanakan tugasnya dengan baik jangan terlibat atau melaksanakan kecurangan-kecurangan dalam proses Pemilu,” bebernya.

Apa yang dilakukan hari ini adalah wujud tahapan Pemilu. Ini bisa menjadi bagian dari Pemilu ke depannya. Ia juga meminta semua pihak untuk tetap netral.

"Tidak boleh ada keberpihakan, ikuti arahan pemerintah, kita harus netral. Dengan dilantiknya petugas PTSP, maka tanggung jawab berada di pundak saudara-saudara sekalian. Saya percaya harap Anda mengerjakan tugas dan tanggung jawab dengan baik," tambahnya.

Baca Juga: Waspada, Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil Marak di Kendari

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin mengatakan, jika PTPS adalah seorang profesional bekerja sesuai dengan prosedur, tata cara dan mekanisme peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Harapan kita mereka bekerja dengan baik sejak hari ini, dan kami berharap bahwa mereka adalah orang-orang pilihan yang memang sudah melewati proses seleksi. Dan memang mereka itu yang punya integritas yang baik, bekerja secara profesional dan paling utama mereka punya integritas yang baik karena mereka adalah garda terdepan yang akan bertugas di TPS,” imbuhnya.

Pelantikan ini dilaksanakan di Hotel Kubah 9 yang dihadiri Pj Wali Kota Kendari, Polresta Kendari, Ketua Bawaslu Provinsi, Ketua KPU Kota Kendari, Kejati Kota Kendari, Kodim Kendari, Kapolres Kendari, OPD lingkup Pemkot, Jajaran Bawaslu Kota Kendari, Panwascam se-Kota Kendari, serta peserta 1.030 PTPS se-Kota Kendari. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga