11 Cara Alami Ini Bisa Atasi Badan Sakit Semua

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 19 Februari 2023
0 dilihat
11 Cara Alami Ini Bisa Atasi Badan Sakit Semua
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi badan sakit semua, di antaranya dengan cara alami. Foto: google.com

" Kondisi badan tidak selalu dalam keadaan fit. Tapi seringkali terasa sakit di sekujur tubuh. Banyak cara untuk mengatasinya, diantara dengan cara alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Kondisi badan tidak selalu dalam keadaan fit. Tapi seringkali terasa sakit di sekujur tubuh. Banyak cara untuk mengatasinya, diantara dengan cara alami.

Pada umumnya, dikutip dari honestdoc.id, ada banyak penyebab yang memungkinkan terjadinya keluhan badan sakit semua.

Dimana penyebabnya itu mulai dari penyebab ringan yang bisa segera teratasi dengan obat-obatan atau terapi herbal sederhana, atau penyebab yang tergolong berat sehingga menimbulkan bahaya jika tidak segera ditangani dengan baik oleh ahlinya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi badan sakit semua, diantara dengan cara alami.

Baca Juga: 8 Bahan Alami Pengencer Dahak yang Mudah Dijajal di Rumah

Melansir alodokter.com, berikut beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada seluruh badan:

1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat mengendurkan otot tegang yang memicu badan sakit semua. Penelitian juga menunjukkan bahwa tidur bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih mudah melawan infeksi.

Agar mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, Anda bisa menerapkan sleep hygiene.

2. Mengonsumsi lebih banyak cairan

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air bisa menjadi cara mengatasi badan sakit semua. Pasalnya, tubuh membutuhkan cairan agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk melawan infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan munculnya rasa sakit di seluruh badan.

Selain itu, tubuh yang terhidrasi akan membuat otot tetap lentur dan mencegah kram. Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan harian dengan mengonsumsi air putih, sup, teh, kaldu, atau buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, dan stroberi.

3. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang diketahui dapat mengurangi rasa sakit pada penderita neuropati diabetik, nyeri otot setelah berolahraga, dan skiatika.

Anda bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen, teh, atau menambahkannya sebagai bumbu masakan untuk mengatasi badan sakit semua.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat menenangkan otot yang tegang dan meredakan nyeri otot. Cara ini efektif untuk mengatasi badan sakit semua dan membantu tubuh merasa lebih rileks.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan garam Epsom dalam bak mandi, lalu berendam setidaknya selama 12 menit. Magnesium dalam garam Epsom akan diserap tubuh dan mengurangi nyeri.

5. Menggunakan kompres dingin

Kompres dingin terkenal akan khasiatnya dalam meredakan peradangan, bengkak, dan nyeri yang disebabkan oleh keseleo atau otot tegang. Anda bisa mengompres dingin bagian tubuh yang sakit setiap 20–30 menit sekali.

Kompres dingin akan menghalangi penghantaran sinyal nyeri ke otak. Inilah yang membuat kompres dingin bisa menjadi cara mengatasi badan sakit semua.

6. Menyelimuti tubuh dengan selimut

Sama seperti mandi dengan air hangat, menyelimuti tubuh dengan selimut juga akan memberikan sensasi hangat yang membantu mengurangi rasa sakit.

Cara mengatasi badan sakit semua yang satu ini juga efektif untuk meredakan nyeri akibat radang sendi atau nyeri otot yang hebat.

7. Mengoleskan minyak esensial

Beberapa jenis minyak esensial, seperti minyak peppermint atau minyak lavender, dapat digunakan untuk mengatasi badan sakit semua. Minyak ini akan meredakan nyeri otot dan membuat tubuh menjadi rileks.

Anda cukup mencampurkan 3 tetes minyak esensial dengan 3 tetes minyak kelapa, lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

8. Melakukan terapi pijat

Memijat bagian tubuh yang sakit dengan lembut dapat membantu mengendurkan otot yang tegang. Oleh karena itu, terapi pijat dapat menjadi salah satu cara mengatasi badan sakit semua.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengunjungi berbagai layanan pijat profesional yang bersertifikat.

9. Mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dipercaya dapat melawan peradangan yang menyebabkan rasa sakit pada seluruh tubuh.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Agar Lolos Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP

Ini artinya, mengonsumsi ikan tuna, ikan sarden, kacang kedelai, dan kacang almond, dapat menjadi cara mengatasi badan sakit semua, karena makanan tersebut kaya akan asam lemak omega-3.

10. Melakukan latihan peregangan (stretching)

Latihan peregangan secara teratur bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sekaligus mengatasi badan sakit semua. Stretching diketahui membantu tubuh melepaskan endorfin dan enkephalin, yaitu hormon yang meredakan sakit dan stres.

Nah, itulah beberapa cara alami yang bisa membantu untuk meredakan rasa sakit di sekujur badan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga