11.280 UKM Terdampak COVID-19 di Kota Kendari

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 12 November 2020
0 dilihat
11.280 UKM Terdampak COVID-19 di Kota Kendari
Para pedagang Pasar Mandonga mendaftar program BUPM. Foto: Sumarlin/Telisik

" Selanjutnya akan kami serahkan usulan tersebut ke provinsi (Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sultra). Di sana yang akan melakukan verifikasi calon penerima, bersama-sama BPKP Sultra. "

KENDARI, TELISIK. ID - Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) Kota Kendari menyebut, sebanyak 11.280 UKM di Kota Kendari terdampak pandemi COVID-19.

Hal itu berdasarkan jumlah pelaku UKM yang mendaftarkan diri sampai tanggal 10 November 2020 untuk mendapatkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) Kota Kendari Muhammad Saiful menjelaskan, jumlah itu terdiri dari yang mendaftar secara online sebanyak 5.744 dan 5.536 yang mendaftar secara manual.

Menurutnya, jumlah UKM terdampak COVID-19 di Kota Kendari bisa lebih banyak, karena dalam pendaftaran ada persyaratan sehingga sejumlah pelaku UKM tidak bisa ikut, seperti tidak memiliki kredit di bank.

Baca juga: Ini Jadwal KM Lambelu November 2020

"Selanjutnya akan kami serahkan usulan tersebut ke provinsi (Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sultra). Di sana yang akan melakukan verifikasi calon penerima,  bersama-sama BPKP Sultra," katanya, Kamis (12/11/2020).

Sementara data Dinas Koperasi dan UMKM Sultra menyebutkan, sekira 89 ribu pelaku UMKM yang telah mendaftar dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

Data ini selanjutnya akan dikirim ke Kementerian Koperasi dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk diverifikasi agar bantuan itu tepat sasaran. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga