12 April, Sidang Isbat Ramadan 1442 Hijriyah Digelar Secara Tertutup

Sugiharta Yunanto, telisik indonesia
Sabtu, 10 April 2021
0 dilihat
12 April, Sidang Isbat Ramadan 1442 Hijriyah Digelar Secara Tertutup
Ilustrasi melihat hilal. Foto: Repro google.com

" Isbat awal Ramadan dilaksanakan 12 April, bertepatan 20 Sya'ban 1442 H. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kementerian Agama (Kemenag) akan melaksanakan sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadan 1442 Hijriyah pada Senin, 12 April 2021.

"Isbat awal Ramadan dilaksanakan 12 April, bertepatan 20 Sya'ban 1442 H," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, dilansir dari website resmi Kemenag.

Sidang Isbat juga akan digelar secara daring dan luring, mengingat kondisi saat ini masih pandemi COVID-19.

Rencananya, sidang tersebut juga akan dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia, BMKG, LAPAN, Badan Informasi Geospasial, ITB, Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kemenag, Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Dua ormas Islam terbesar di Indonesia yakni NU dan Muhammadiyah direncanakan juga hadir secara langsung di Kantor Kemenag.

"Ada 29 Duta Besar negara sahabat yang diundang. Kami berharap ada di antara mereka yang bisa hadir secara langsung dalam proses sidang," kata Kamaruddin.

Baca Juga: Mengenal Pangeran Philip, Sosok yang Bantu Ratu Elizabeth II Modernisasi Inggris

Sidang Isbat penentuan 1 Ramadan 1442 Hijriah bakal disiarkan secara langsung oleh TVRI, RRI, serta kanal media sosial Kementerian Agama.

Kemenag akan membagi proses Sidang Isbat menjadi tiga tahapan. Tahap pertama, pemaparan posisi hilal dari berbagai lokasi yang telah ditentukan.

Tahap kedua, Sidang Isbat bakal digelar setelah shalat maghrib. Diketahui, tahap ini akan dilaksanakan secara tertutup.

Tahap terakhir, Sidang Isbat awal Ramadan 1442 Hijriah dilanjutkan dengan konferensi pers hasil sidang oleh Menteri Agama. (C)

Reporter: Sugiharta Yunanto

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga