12 Figur Siap Tarung di Pilgub Sultra 2024, Siapa Mereka?

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 01 Februari 2022
0 dilihat
12 Figur Siap Tarung di Pilgub Sultra 2024, Siapa Mereka?
12 figur yang siap tarung di Pilgub Sultra 2024. Foto: Ist.

" Selain wajah baru, sejumlah figur yang siap maju merupakan politisi lama dan juga pimpinan partai politik di Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Belakangan ini suhu politik di Sulawesi Tenggara (Sultra) menghangat. Sejumlah figur sudah menyatakan diri siap maju sebagai bakal calon di Pilgub Sultra 2024 mendatang.

Sedikitnya ada 12 figur yang sudah menyatakan kesiapannya. Selain wajah baru, sejumlah figur yang siap maju merupakan politisi lama dan juga pimpinan partai politik di Sultra.

12 figur tersebut adalah Ketua DPD PDIP Sultra, Lukman Abunawas (LA), Ketua DPW PPP, Marsekal Muda TNI (Purn) La Ode Barhim (LB), Ketua DPD Hanura, Wa Ode Nurhayati (WON), Ketua DPW PAN Sultra, Abdurrahman Shaleh (ARS) dan Ketua DPW PBB Sultra, Ruksamin.

Lalu ada anggota DPR-RI, Ridwan Bae (RB), Tina Nur Alam (TNA), Bupati Muna, Rusman Emba (RE) dan Bupati Konawe  Kery Saiful Konggoasa (KSK).

Kemudian, mantan Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun, Eks Komisioner Ombudsman RI, La Ode Ida (Li) dan Mayjend TNI (Purn) Andi Sumangeruka (ASR).

Sejumlah figur di atas juga telah mengklaim sudah mendapatkan dukungan dari partai politik.

Baca Juga: Sebagai Partai Baru, PRIMA Sultra Siap Tarung di Pemilu 2024

Melihat dinamika yang terjadi, pengamat Politik Sultra, Najib Husain mengatakan, jika berbicara bakal calon sudah pasti akan banyak yang bermunculan.

Namun ketika masuk dalam tahapan penetapan calon akan banyak figur atau bakal calon berguguran karena persoalan dukungan politik.

Dosen FISIP UHO ini memprediksi hanya akan ada 3 pasang calon di Pilgub Sultra 2024 mendatang.

"Tiga pasang sudah maksimal untuk Pilgub di Sultra," kata Najib, Selasa (1/2/2022).

Baca Juga: PKS Lirik Ganjar Pranowo, Erick Thohir dan Anies Baswedan untuk Pilpres 2024

Najib menjelaskan, semua figur yang ada pada dasarnya sudah harus memiliki tim, dukungan partai politik dan sudah memikirkan siapa yang akan menjadi pasangannya di Pilgub nanti.

"Karena di tahun 2022 ini sudah harus ada kejelasan, sampai sejauh mana tim yang mereka buat, sejauh mana partai politik yang mendukung nantinya dan sampai sejauh mana pasangan yang akan dilirik untuk maju di Pilgub," jelasnya.

Untuk diketahui, pemerintah, DPR, dan KPU telah menyepakati tanggal pemungutan suara Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Pemilu akan digelar 14 Februari, sedangkan pilkada dihelat 27 November. (C)

Reporter: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga