12 Ribu Lebih Ekor Hewan Kurban Tersedia Jelang Idul Adha 2024

Erni Yanti, telisik indonesia
Sabtu, 18 Mei 2024
0 dilihat
12 Ribu Lebih Ekor Hewan Kurban Tersedia Jelang Idul Adha 2024
Ketersediaan hewan kurban di Sulawesi Tenggara diprediksi masih aman. Foto: Ist.

" Jelang hari raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Pemprov Sulawesi Tenggara melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan telah mengakumulasi jumlah ketersediaan hewan kurban, baik sapi maupun kambing "

KENDARI,TELISIK.ID - Jelang hari raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Pemprov Sulawesi Tenggara melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan telah mengakumulasi jumlah ketersediaan hewan kurban, baik sapi maupun kambing.

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto menyampaikan, Sulawesi Tenggara memiliki banyak kekayaan alam yang dapat digunakan untuk pengembangan sektor peternakan sehingga dapat diproyeksikan menjadi salah satu kantong ternak nasional.

"Berdasarkan data nasional, diketahui bahwa angka populasi ternak kita mengalami peningkatan pada setiap tahunnya," kata Andap, Sabtu (18/5/2024).

Oleh karena itu, kata dia, dapat menjadi salah satu sentra produksi ternak untuk mendukung program swasembada daging nasional.

Baca Juga: Warga Kendari Keluhkan Penyaluran Bansos Tak Merata, Begini Kata Dinsos

"Idul Adha Insya Allah akan kita peringati pada tanggal 17 Juni 2024 mendatang. Menjelang sebulan kedepan, kita perlu cek ketersediaan stok hewan kurban di Sultra sehingga masyarakat secara luas dapat mengetahuinya," ujar Andap.

Kemudian melalui Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan akan terus update mengenai perkembangan ketersediaan hewan kurban kepada seluruh masyarakat di Sulawesi Tenggara.

"Melalui Dinas Peternakan, kita akan terus update mengenai ketersediaan hewan kurban menjelang peringatan Idul Adha 1445 H di Sultra. Insya Allah masyarakat dapat memperingati Idul Adha tahun ini di dengan baik dan lancar," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sulawesi Tenggara, La Ode Muhammad Rusdin Jaya mengungkapkan bahwa ketersediaan daging dan hewan kurban di Provinsi Sultra tergolong aman dan mencukupi.

Baca Juga: Dua Emak-Emak Kendari Siap Baku Hantam Pakai Tongkat Panjang Usai Disentil Komentar Medsos

"Saat ini, ketersediaan hewan kurban tahun 2024 sebanyak 12.896 ekor, terdiri dari 10.419 ekor sapi dan 2.477 ekor kambing," ungkap Rusdin.

Kemudian untuk sentra ternak hewan kurban di Sulawesi Tenggara terbesar ada di Kota Kendari dengan total 2.378 ekor dan ketersediaan terkecil ada di Kabupaten Buton Utara.

Rusdin mengatakan, akan intens berkoordinasi dengan dinas yang ada di kabupaten/kota untuk pengecekan hewan kurban yang ada.

"Kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait yang ada di 17 kabupaten/kota untuk dicek kesehatan hewan kurban di Sultra. Selanjutnya apabila dinyatakan sehat, akan diterbitkan SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan)," kata Rusdin. (B)

Penulis:Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga