122 Jemaah Haji Tiba di Kabupaten Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
122 Jemaah Haji Tiba di Kabupaten Kolaka Utara
Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi menyambut 122 jemaah haji di ruang tunggu Pelabuhan Tobaku. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Sebanyak 122 jemaah haji kloter 28 dan 30, tiba di Kabupaten Kolaka Utara usai menjalankan ibadah haji di tanah suci selama 41 hari "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sebanyak 122 jemaah haji kloter 28 dan 30, tiba di Kabupaten Kolaka Utara usai menjalankan ibadah haji di tanah suci selama 41 hari.

Ratusan jemaah haji Kolaka Utara itu tiba di pelabuhan penyeberangan penumpang Tobaku, Desa Katoi, Kecamatan Katoi, sekitar pukul 14.00 Wita, dengan menumpangi KMP Merak.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Utara, Alimuddin menuturkan, rombongan haji Kolaka Utara bertolak dari emberkasi Makassar, Rabu (26/7/2023) pukul 22.00 Wita dan tiba di Pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo Kamis (27/7/2023) pagi.

"Sekitar jam 09.30 Wita, jemaah haji Kolaka Utara meninggalkan Pelabuhan Siwa menuju Pelabuhan Tobaku," terangnya.

Baca Juga: Satu Jemaah Haji Kolaka Utara Meninggal di Tanah Suci

Kata dia, total jemaah haji asal Kolaka Utara yang berangkat tahun ini sebanyak 123 orang. Namun, satu jemaah meninggal dunia di Mekkah, sehingga yang kembali sebanyak 122 orang.

Kemenag Kolaka Utara (tengah), Alimuddin bersama Asisten I Setda Kolaka Utara, Muchlis Bahtiar dan rombongan haji Kolaka Utara. Foto: Muh Risal H/Telisik

 

"Kami turut berdukacita atas meninggalnya Hapipa usia 92 tahun, jemaah haji dari  Kelurahan Olo-oloho. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," ujarnya.  

Lebih lanjut, ia menyampaikan, apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kolaka Utara yang telah menanggung secara keseluruhan biaya pemberangkatan 123 jemaah haji sejak dari deberkasi hingga ke emberkasi.

"Kami berharap tahun-tahun berikutnya, kebijakan tersebut tetap berlanjut," pintanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi turut menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya satu orang jemaah haji asal Kabupaten Kolaka Utara di Mekkah.

"Kami turut berbelasungkawa atas meninggalnya satu orang jemaah haji Kolaka Utara, semoga keluarga diberikan ketabahan," pesannya.

Kepala Dinas DPMPTSP Sulawesi Tenggara ini juga berharap, 122 jemaah haji Kolaka Utara yang telah menunaikan semua rangkaian ibadah haji selama kurun lebih 41 hari mendapat berkah dari Allah SWT dan hajinya mabrur.

Tidak hanya itu, Parinringi berjanji akan selalu memberikan support baik secara moril maupun materil dalam rangka penyelenggaraan kegiatan haji pada tahun 2024 mendatang.

Salah satu perwakilan jemaah haji Kolaka Utara, Hasrinto memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kemenag dan Pemerintah Daerah Kolaka Utara atas berbagai fasilitas yang telah diberikan kepada dirinya dan 121 jemaah lainnya, khususnya biaya pemberangkatan pulang pergi dari deberkasi ke emberkasi Makassar.

Baca Juga: Viral Pelayanan Haji Disebut Buruk, Kanwil Kemenag Sulawesi Tenggara: Persoalan dari Pihak Arab Saudi

"Saya sempat berbincang dengan salah satu jemaah asal Baubau terkait biaya dari deberkasi ke emberkasi. Ternyata, biayanya dibebankan ke jemaah. Sementara di Kolaka Utara semuanya ditanggung pemerintah daerah, ini luar biasa sekali karena itu kami ucapkan terima kasih," ujarnya.

Sebelumnya, Kabag Kesra Setda Kolaka Utara, Ahmad Sanusi mengungkapkan, total biaya pemberangkatan jemaah haji Kolaka Utara dari deberkasi ke emberkasi Makassar mencapai lebih dari Rp 200 juta.

"Semua ditanggung oleh Pemerintah Daerah mulai transportasi hingga konsumsi jemaah," tukasnya. (A-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga