124 Desa di Muna Dapat Tambahan Dana Oprasional Rp 34 Juta

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 07 Oktober 2024
0 dilihat
124 Desa di Muna Dapat Tambahan Dana Oprasional Rp 34 Juta
124 desa di Muna mendapat tambahan dana oprasional. Foto: Sunaryo/Telisik

" Di Perubahan APBD, Pemkab Muna mengalokasikan tambahan Alokasi Dana Desa (ADD) yang diperuntukan buat oprasional 124 desa "

MUNA, TELISIK.ID - Di tengah kondisi keuangan daerah yang seret, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna masih memikirkan oprasinoal para desa.

Di Perubahan APBD, Pemkab Muna mengalokasikan tambahan Alokasi Dana Desa (ADD) yang diperuntukan buat oprasional 124 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muna, Fajaruddin Wunanto mengatakan, total anggaran tambahan oprasional desa sebesar Rp 4,3 miliar. Tiap desa mendapatkan masing-masing kurang lebih Rp 34 juta.

"Dananya kita bagi rata. Masing-masing mendapat Rp 34 juta," kata Fajaruddin, Senin (7/10/2024).

Penggunaan dana tersebut sesuai kesepakatan melalui musyawarah desa (musdes). Prinsipnya, tambahan dana oprasional itu agar pemerintah desa (Pemdes) berkreasi untuk memajukan desanya.

Baca Juga: Dana Desa Tepat Sasaran, Kades Kondongia Muna Diundang Ikut Kegiatan Village Head Benchmarking Program di China

"Tergantung kesepakatan mereka dananya mau digunakan untuk apa," terangnya.

Selain oprasional desa, DMPD juga telah mengusulkan untuk menaikkan honor perangkat desa dan kader-kader yang ada di desa.

"Kita sudah usulkan ke pemkab. InsyaAllah 2025, bisa terealisasi," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Keuangan dan Aset Desa, Ikhsan Rantas mengatakan, saat ini, pihaknya masih menyusun peraturan bupati (perbup) untuk proses pencairan dananya. Karenanya, ia berharap seluruh kades agar melakukan musdes.

"Segera lakukan musdes, agar pencairan dananya bisa diproses," katanya.

Baca Juga: Penyaluran Dana Desa Muna Capai 95 Persen, Muna Barat 78 Persen

Selain tambahan oprasional, tahun ini juga ada 25 desa yang mendapatkan tambahan Dana Desa (DD) dari pusat. Total anggarannya sebesar Rp 3,4 miliar. Masing-masing desa mendapatkan tambahan DD sebesar Rp 138 juta.

25 desa yang mendapat tambahan DD itu berdasarkan penilaian dari pusat terhadap kinerja, penyusunan laporan pertanggungjawaban dan realisasi fisik pembangunan infrastruktur.

"Dananya digunakan tergantung hasil Musdes," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga