13 Masjid di Kolaka Utara Gelar Salat Idul Adha 9 Juli

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 08 Juli 2022
0 dilihat
13 Masjid di Kolaka Utara Gelar Salat Idul Adha 9 Juli
Umat Islam di Kolaka Utara akan melaksanakan salat idul adha 1443 hijriah pada Sabtu (9/7/2022) besok, dan Minggu (10/7/2022). Foto: Ist

" Sekitar 13 masjid di Kabupaten Kolaka Utara akan menggelar salat Idul Adha 1443 hijiriah pada Sabtu (9/7/2022) besok "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sekitar 13 masjid di Kabupaten Kolaka Utara akan menggelar salat Idul Adha 1443 hijiriah pada Sabtu (9/7/2022) besok. Sementara puluhan masjid menggelar salat Idul Adha, Minggu (10/7/2022).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kolaka Utara, Alimuddin menuturkan, berdasarkan informasi dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kolaka Utara, sekitar 13 masjid yang tersebar di beberapa titik baik di kecamatan maupun di Kota Lasusua siap berlebaran besok.

"Sementara puluhan masjid lainnya menggelar salat Idul Adha pada tanggal 10 Juli 2022 termasuk Masjid Agung Bahrurrasyad Wal Ittihad Kota Lasusua," terangnya.

Mantan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kemenag Kolaka ini menjelaskan, perbedaan pendapat terkait waktu pelaksanaan salat Idul Adha antara hal biasa dan tidak perlu dibesar-besarkan.

"Perbedaan tersebut disebabkan sudut pandang berbeda terkait matla' atau daerah tempat terbit matahari, terbit fajar maupun terbit bulan. Indonesia dan Arab Saudi memiliki selisih 4 jam," terangnya.

Baca Juga: Ketua PKK Bombana Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Jokowi

Sementara Sekertaris Umum DMI Kolaka Utara, Akmal Bintang mengungkapkan, untuk sementara ada 15 masjid yang tersebar di beberapa kecamatan di Kolaka Utara telah menyampaikan akan menggelar salat Idul Adha besok.

"Informasi sementara yang masuk ke DMI Kolaka Utara, masjid atau desa yang akan menggelar salat Idul Adha besok. Kecamatan Lasusua 7 masjid, yakni Masjid Uswatun Khasanah, Indewe Timur, PD Muhammadiyah Kolaka Utara bersama Jamaah Masjid, Masjid Miftahul Khair Desa Watuliwu,  Lapangan Desa Pitulua, Lapangan Desa Batu Ganda, Masjid Nurul Iman Desa Tojabi, Masyarakat Desa Rantelimbong di Masjid Al Wahhab, dan Masjid Al Mu'minin Desa Babussalam," bebernya.

Berikutnya, Masjid Al Mihrab, Desa Puumbolo, Masjid Raya Kelurahan Ranteangin, Pondok Pesantren Istiqomah Desa Katoi, dan Masjid Nurul Yaqin, Desa Maruge.

Baca Juga: Fasilitas Memuaskan, 45 Kepala Keluarga Transmigrasi Siap Ditempatkan di UPT Raimuna

"Kecamatan Kodeoha, Lapangan Sepak Bola Kelurahan Mala Mala dan Masjid Pesantren Darul Istiqamah Mala-Mala. Kecamatan Watunohu, Masjid Al Ikhlas Desa Lelehao, di  Kecamatan Pakue Tengah, digelar di Mushallah Babussalam SMP/SMA Muhammadiyah Pakue Tengah," lanjutnya.

Berdasarkan informasi yang himpun Telisik.id selain 15 titik tersebut juga ada dua titik atau desa yang menggelar salat Idul Adha besok yakni Desa Awo dan Desa Kalau-kaluku, Kecamatan Kodeoha.

"Insyaallah Desa Awo besok juga akan menggelar salat Idul Adha di Masjidil Raya Desa Awo," kata Kepala Dusu I Desa Awo, Irsan. (A)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga