14 Mahasiswa UHO Ikut Pertukaran di Filipina dan Vietnam

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 24 Agustus 2023
0 dilihat
14 Mahasiswa UHO Ikut Pertukaran di Filipina dan Vietnam
14 mahasiswa FKIP UHO Kendari yang mengikuti pertukaran mahasiswa Asia Tenggara di Filipina dan Vietnam bersama Dekan FKIP UHO. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, melepas 14 mahasiswa dalam pertukaran pelajar Asia Tenggara yang akan tersebar pada enam universitas di Filipina dan satu universitas di Vietnam "

KENDARI, TELISIK.ID - Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, melepas 14 mahasiswa dalam pertukaran pelajar Asia Tenggara yang akan tersebar pada enam universitas di Filipina dan satu universitas di Vietnam.

Pertukaran mahasiswa itu dilakukan melalui program The SEA Teacher. SEA Teacher Project atau Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia, adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru dari universitas di Asia Tenggara untuk memiliki pengalaman mengajar atau praktik langsung di sekolah-sekolah di negara lain, khususnya yang melibatkan FKIP dari berbagai perguruan tinggi partisipan.

Dekan FKIP UHO, Jamiludin mengatakan, pertukaan mahasiswa Asia Tenggara ini FKIP UHO juga akan menerima 25 orang mahasiswa dari Filipina yang akan mengikuti proses perkuliahan di masing-masing program studinya.

Ia menjelaskan, pertukaran mahasiswa ini dilakukan guna meningkatkan kuakitas mahasiswa dalam berbahasa inggris dan pengenalan budaya luar.

Baca Juga: Mahasiswa UHO Cetak Prestasi Nasional hingga Internasional

"Mahasiswa kita ini akan belajar di sana selama satu bulan, jadi di sana mereka akan melakukan pembelajaran di universitasnya dan melakukan praktek mengajar di sekolah-sekolah yang ada di sana," ujar Jamiludin, Kamis (24/8/2023).

Ia berharap kepada seluruh mahasiswa agar menjaga diri, kesehatan, nama baik UHO, dan tidak terpengaruh dengan budaya-budaya barat yang dapat merugikan mereka.

Seorang mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UHO yang jadi perwakilan UHO di Saint Mary's University (SMU), Idris mengatakan, mereka akan fokus mengajar dan melakukan banyak konsultasi dengan guru-guru yang ada di sana mengenai program dan metode pembelajaran yang ada di Filipina.

"Selama 4 Minggu kami di sana, 2 Minggu untuk proses mentoring dengan guru-guru terkait RPP dan media pembelajaran, sisanya kami akan gunakan untuk mengajar di sekolah-sekolah," ujar Idris.

Berikut daftar nama 14 mahasiswa dan Universitasnya, yang akan melaksanakan pertukaran mahasiswa di Filipina: Ahmad Fauzy Al Qadri jurusan pendidikan Biologi dan Ahmad Fauzy Al Qadri jurusan Pendidikan Kimia akan jadi majasiswa di Cavite State University (CVSU). Di Pangasinan State University (PSU) ada Nurdianti jurusan PGSD dan Aliyah Ma'rizah Mulsia jurusan Pendidikan Fisika.

Baca Juga: Permudah Alumni Cari Peluang Karier, UHO Hadirkan 7 Perusahaan Unggulan di Job Fair UHO 2023

Selanjutnya, di Ateneo de Naga University (ADNU) ada Anjelia Shaliha Yurista Nimu jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Aditya Purnama Pendidikan Sejarah. Di Saint Mary's University (SMU) ada Idris jurusan Pendidikan Fisika dan Muhammad Hadiatman Pendidikan Geografi. Di Saint Louis University (SLU) ada Kevin Arjun Tri Wardhan jurusan Pendidikan Ekonomi dan Pujawati jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Dan di Far Eastern University Institute of Education (FEU) ada Lisa Albertina

Pendidikan Matematika dan Wa Ode Nurul Amalia Fasihu Pendidikan Bahasa Inggris.

Sedangkan mahasiswa pertukaran pelajar yang akan ke Vietnam, yakni Yunastasya Yunita jurusan pendidikan Matematika dan Rene Dharma Wangsyah jurusana pendidikan Bahasa Inggris di Dong Thap University (DThU). (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga