142 Calon Jemaah Haji Bakal Berangkat dari Baubau, Tertua Berusia 91 Tahun

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 24 Mei 2024
0 dilihat
142 Calon Jemaah Haji Bakal Berangkat dari Baubau, Tertua Berusia 91 Tahun
Menurut Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, Halking menyebut bahwa calon jamaah haji tertua berusia 91 tahun. Foto: Elfinasari/Telisik

" Sebanyak 142 calon jamaah haji dari Kota Baubau akan menunaikan ibadah haji, termasuk salah satu jamaah tertua yang kini berusia 91 tahun "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sebanyak 142 calon jamaah haji dari Kota Baubau akan menunaikan ibadah haji, termasuk salah satu jamaah tertua yang kini berusia 91 tahun.

Menurut Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, Halking, jumlah calon jamaah haji tahun ini berkurang dibandingkan tahun lalu yang mencapai 165 orang.

"Sebenarnya tahun ini ada 143 calon jamaah haji, tetapi satu orang meninggal dunia, sehingga totalnya 142 orang," ujar Halking Jumat, (24/5/2024).

Baca Juga: Seorang Gadis 16 Tahun di Buton Tengah Digilir 8 Pria, Modus Ancam Sebar Video Porno

Ia mengungkapkan bahwa jamaah tertua adalah Abdul La Masiri bin Laege, yang kini berusia 91 tahun.

Halking menjelaskan bahwa jamaah haji dari Baubau akan bergabung dalam satu kloter yang terdiri dari 450 orang, bersama dengan jamaah dari Bombana, Buton Selatan, Kolaka, dan Makassar.

"Pemeriksaan kesehatan dan manasik haji sudah selesai, dan saat ini kami dalam tahap pengumpulan koper," katanya.

Pelepasan jamaah haji akan dilakukan pada 1 Juni pukul 08.00 di Rumah Jabatan Walikota Baubau. Para jamaah akan berangkat dari Bandara Baubau menuju embarkasi Makassar pada 5 Juni dengan tiga kali penerbangan.

"Tahun ini kondisi kesehatan jamaah lebih baik dibandingkan tahun lalu. Kami berharap mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur," ujar Halking.

Salah satu calon jamaah haji, Hasniah (72) mengaku sangat bersyukur bisa melaksanakan ibadah haji setelah menunggu selama 12 tahun.

Baca Juga: Pria Mabuk dan Mengamuk Sambil Bawa Sajam Bikin Takut Warga di Buton Tengah

"Alhamdulillah, saya berharap bisa pergi ke Tanah Suci dan kembali dengan selamat," tuturnya.

Aan Saputra Nengke (18), calon jamaah haji termuda, merasa terharu dan sedih sebab alasan ia menunaikan ibadah haji karena ayahnya meninggal dunia.

"Ayah saya meninggal dunia, jadi saya yang menggantikannya," ujarnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga