15 Mahasiswa STIP Wuna Kuliah Gratis

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 19 Januari 2021
0 dilihat
15 Mahasiswa STIP Wuna Kuliah Gratis
Ketua STIP Wuna, Rochmady menyerahkan buku rekening pada mahasiswa. Foto: Sunaryo/Telisik

" Dananya selain biaya semester, juga untuk biaya hidup, biaya buku, penginapan selama studi dan lain-lain. "

MUNA, TELISIK.ID - Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna masuk dalam salah satu PTS di Indonesia yang mendapatkan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diluncurkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ajaran 2019/2020.

Dari program KIP tersebut, sebanyak 15 mahasiswa STIP Wuna mendapat program kuliah gratis selama empat tahun untuk delapan semester.

Ketua STIP Wuna, Rochmady menerangkan, beasiswa KIP masuk langsung ke rekening mahasiswa. Dananya digunakan untuk membiayai kuliah hingga penyelesaian tahap studi.

"Dananya selain biaya semester, juga untuk biaya hidup, biaya buku, penginapan selama studi dan lain-lain," kata Rochamady, Selasa (19/1/2020).

Baca juga: 2021, UHO Pertama Kalinya Tiadakan Wisuda di Januari

Bila dalam perjalanannya, 15 mahasiswa itu tidak mampu menyelesaikan studinya empat tahun selama delapan semester, konsekuensinya adalah uang semester tidak akan dibiayai lagi.  

"Mahasiswa harus membayar sendiri uang semesternya, karena beasiswa otomatis langsung dihentikan," ungkapnya.  

Menurutnya, program kuliah gratis itu sebagai motivasi bagi mahasiswa untuk berprestasi dan fokus menyelesaikan studiya tepat waktu.

Dengan begitu, melalui beasiswa itu pula akan cukup membantu mahasiswa dalam mengakses pendidikan di perguruan tinggi. Oleh karena itu, ia berharap pada masyarakat agar tidak ragu mengkuliahkan anak-anaknya di STIP Wuna.  

"STIP Wuna sudah teruji dan statusnya diakui. Bukan hanya ada program kuliah gratis, tetapi jebolan STIP juga selalu terkafer dalam setiap penerimaaan CPNSD dan diterima kerja di perusahaan swasta," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga