16 Negara dengan Standar Kecantikan Aneh, Kamu Cantik di Negara Mana?

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 18 Februari 2023
0 dilihat
16 Negara dengan Standar Kecantikan Aneh, Kamu Cantik di Negara Mana?
Standar kecantikan di berbagai negara berbeda, dan ada yang unik, bahkan aneh. Foto: Repro Gadis.co.id

" Cantik itu relatif. Setiap orang punya pendapatnya sendiri apakah seorang wanita cantik atau tidak. Di beberapa negara, standar wanita cantik tergolong cukup unik dan tak biasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Cantik itu relatif. Setiap orang punya pendapatnya sendiri apakah seorang wanita cantik atau tidak di matanya. Begitu juga setiap negara punya standar kecantikannya.

Di beberapa negara, standar wanita cantik tergolong cukup unik dan tak biasa. Dilansir dari Beautynesia.id dan Kumparan.com, berikut daftar standar kecantikan di beberapa negara.

1. New Zealand - Tato Wajah

Di Selandia Baru ada tradisi menato dagu dan bibir oleh perempuan Maori. Tradisi itu sudah ada sejak zaman dahulu, serta dianggap sebagai standar kecantikan bagi perempuan di sana.

Tato dibuat menggunakan tinta hitam atau biru tua, dan digambar membentuk pola yang disebut Ta-Mako di area wajah. Selain itu, tato di wajah juga dianggap sebagai identitas atau tanda seseorang dalam kelompok suku Maori.

2. Etiopia - Tindik Bibir

Di negara ini, perempuan yang mulai beranjak dewasa akan mencabut dua gigi depan bagian bawah dan menindik bibir bawahnya. Setelah itu, mereka akan memasukkan piringan kayu ke dalamnya.

Ketika tumbuh dewasa, ukuran piringan yang lebih besar akan diletakkan di bibir untuk membuat bibirnya terlihat lebih lebar. Selain bibir yang lebar, masyarakat Etiopia juga memanjangkan daun telinganya hingga menyentuh bahu. Semakin panjang daun telinganya, maka mereka akan dianggap semakin cantik.

3. Korea Selatan - Wajah V Shape

Masyarakat Korea Selatan identik dengan tren kecantikannya yang mendunia. Begitu juga dengan standar kecantikan di sana, dimana perempuan menyukai bentuk wajah “V” dengan wajah yang tirus dan hidung mancung.

Tak heran, kalau banyak perempuan di Korea yang melakukan operasi plastik demi mendapatkan bentuk wajah yang sesuai.

4. Myanmar - Leher Panjang

Perempuan yang memiliki leher panjang di Myanmar, khususnya orang Kayan, dianggap sebagai simbol kesejahteraan dan kecantikan. Hal inilah yang membuat penduduk lokal memakai kalung kuningan di lehernya sejak usia lima tahun.

Biasanya, mereka akan mengalungkan enam cincin di leher dan jumlahnya bertambah satu setiap tahun. Akibat memakai lilitan itu, panjang leher seseorang bisa mencapai 40 sentimeter, lho.

5. Amerika - Kulit Gelap

Kebanyakan perempuan asal Amerika Serikat menyukai warna kulit gelap. Pasalnya, warna asli kulit mereka yaitu putih pucat, sehingga mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit yang gelap. Salah satunya dengan berjemur di bawah terik matahari.

6. Jepang - Gigi Tidak Rata

Di beberapa negara, memiliki gigi yang rapi dengan senyum sempurna biasanya dikaitkan dengan kecantikan. Tetapi, di Jepang, mereka ingin memiliki gigi yang tidak rata dan berlapis-lapis.

Baca Juga: Tiduri 3 Ribu Wanita, Sosok Kaisar China Ini Punya Ramuan Khusus Jaga Stamina

Senyum yang hampir menyerupai vampir atau yaeba ini akan dianggap sesuatu yang lucu dan merupakan simbol keindahan alami serta awet muda.

7. Wilayah Asia - Kulit Putih

Di beberapa negara Asia seperti China, Jepang, dan Korea Selatan memiliki kulit putih menjadi sebuah standar kecantikan.

Tak heran jika negara-negara tersebut banyak menghasilkan produk skincare untuk membantu mencerahkan dan memutihkan kulit. Tak hanya itu, para perempuan di negara tersebut rela melakukan berbagai perawatan untuk memiliki kulit putih yang glowing dan bercahaya.

8. Irlandia - Dahi Lebar

Perempuan khas Irlandia biasanya memiliki alis tebal, kulit putih, dan bibir yang tipis. Namun, mereka akan dianggap cantik ketika memiliki dahi yang lebar, mata berwarna hijau, berambut merah, dan memiliki banyak bintik-bintik di wajahnya.

Irlandia juga menjunjung tinggi kecantikan alami. Jadi, mereka tentu saja sangat menghargai penampilan alami seperti ini pada perempuan di sana.

10. India - Henna

Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini pun masih banyak perempuan India yang gemar menggambar tubuhnya menggunakan henna. Terlebih lagi di saat hari besar atau pernikahan, sang perempuan akan menghias tubuhnya dengan henna.

11. Prancis - Kulit Sempurna

Perempuan Prancis selalu menginginkan kecantikan alami dalam semua hal. Tak heran, mereka sering tidak memakai riasan, jarang menggunakan parfum, dan menjaga bagian tubuh yang berbulu agar tidak dicukur.

Mereka percaya bahwa kecantikan sesungguhnya akan tercermin dari kulit seorang perempuan. Jadi, daripada menggunakan riasan, mereka akan menggunakan krim dan lotion untuk membuat wajah terlihat sempurna.

12. Mindanau Filipina - Gigi Runcing

Di Mindanao Filipina, perempuan dianggap cantik ketika memiliki gigi yang runcing. Semakin runcing gigi yang mereka miliki, maka semakin cantik pula sang perempuan dilihatnya.

Proses peruncingan gigi dilakukan menggunakan kayu atau bambu untuk memahat gigi mereka. Tradisi satu ini memang terdengar mengerikan dan juga menyakitkan. Selain itu, membutuhkan waktu yang lama pula untuk meruncingkan gigi-gigi tersebut.

13. Iran - Operasi Hidung

Perempuan asal Iran cenderung menghabiskan banyak waktu untuk merawat wajah, terutama bagian hidung mereka. Rhinoplasty atau prosedur operasi hidung juga sangat mahal di negara ini.

Jadi, jika seseorang bisa melakukannya, ini menandakan status sosialnya yang berasal dari keluarga kaya. Bahkan, banyak di antara mereka yang memakai perban dalam waktu lama setelah operasi untuk menunjukkan kekayaannya.

Baca Juga: Ilmuwan Berhasil Terjemahkan Bahasa Kanaan Hilang Ribuan Tahun

Beberapa dari mereka juga ada yang memakai perban palsu untuk berpura-pura telah melakukan operasi hidung.

14. Indonesia - Telinga Panjang

Terakhir datang dari Indonesia, yaitu suku Dayak. Tradisi menindik telinga yang kemudian diberi anting logam dan dibiarkan memanjang.

Penambahan anting logam dilakukan setiap satu tahun sekali, sehingga jumlahnya akan terus bertambah dan membuat telinga memanjang ke bawah. Tradisi ini dilakukan oleh para perempuan suku Dayak untuk menunjukkan usia dan identitas orang tersebut.

Semakin banyak anting logam yang digunakan, maka semakin tinggi kasta yang mereka miliki atau merupakan keturunan bangsawan.

15. Arab Saudi - Mata Tajam

Mata adalah cerminan jiwa seseorang. Pernahkah Anda mendengar pepatah ini? Ya, pepatah ini ternyata memiliki makna mendalam bagi perempuan Arab Saudi.

Biasanya, mereka tidak dapat menunjukkan sebagian besar wajah karena alasan pribadi. Oleh karena itu, mereka sangat memperhatikan keindahan matanya.

Agar membuatnya lebih menarik, perempuan Arab Saudi akan menggunakan peralatan dan jenis riasan mata yang lengkap.

16. Tajikistan - Alis Tebal

Di Tajikistan, alis lebat yang menyatu di atas pangkal hidung dianggap sebagai standar kecantikan. Selain itu, alis yang menyatu juga dianggap sebagai simbol kesucian pada perempuan.

Bagi mereka yang belum memiliki bentuk alis ini, biasanya akan melakukan segala usaha, seperti menggambar alisnya sendiri atau menggunakan herbal untuk menumbuhkan rambut alis yang lebat. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga