168 Polisi RW Resmi Dibentuk di Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 17 Mei 2023
0 dilihat
168 Polisi RW Resmi Dibentuk di Kota Baubau
162 Polisi RW hadir untuk masyarakat Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Sebanyak 168 Polisi RW resmi dilaunchingkan dan telah mendapatkan penyematan tugas di tiap RW yang tersebar di 43 Kelurahan dan 8 Kacamatan se-Kota Baubau pada Rabu "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sebanyak 168 Polisi RW resmi dilaunchingkan dan telah mendapatkan penyematan tugas di tiap RW yang tersebar di 43 Kelurahan dan 8 Kacamatan se-Kota Baubau pada Rabu, (17/5/2023).

Polres Baubau bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Baubau di Lapangan Apel Polres Baubau.

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk dan dihadiri oleh para camat, para lurah, para RW se-Kota Baubau, dan seluruh personel Polres Baubau.

Baca Juga: Puluhan Calon Jemaah Haji Kota Baubau Gagal Berangkat

Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk menuturkan, pihaknya melaunching Polisi RW yang akan ditempatkan di setiap RW di wilayah hukum Polres Baubau, dalam bekerja Polisi RW bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat.

Tugas Polisi RW menyelesaikan permasalahan kambtimas yang bisa menimbulkan kejahatan, selain menjaga keamanan dan ketertiban kehadiran polisi di ruangan lingkup RW bisa mewujudkan polisi sebagai pengayom masyarakat, seorang Polisi RW perlu memahami permasalahan masyarakat di tingkat RW mulai sosial ekonomi masyarakat sampai kasus stunting, bukan mengutamakan penegakan hukum, tetapi mencegah itu lebih murah, lebih efektif dan tentunya bersama elemen masyarakat di lingkungan RW.

"Dengan dibentuknya Polisi RW diharapkan dapat melakukan penyelesaian permasalahan dengan cepat dan dapat mencegah terbentuknya potensi kejahatan," tuturnya.

Ia menambahkan, menyusun respon terhadap persoalan tersebut perlahan seluruh faktor-faktor yang terbukanya ruang gangguan kamtibmas bisa dihilangkan, program itu diharap bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Diharapkan, peluncuran Polisi RW adalah salah satu upaya dan terobosan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat di wilayah Kota Baubau. Kehadiran Polisi RW juga jadi momentum bagi kita semuanya, khususnya bagi seluruh anggota Polres Baubau agar lebih mendekatkan diri lagi dengan masyarakat.

Dengan hadirnya petugas Polisi RW dapat benar-benar bermanfaat di tengah masyarakat, serta terus meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian secara komprehensif, sehingga tingkat kepercayaan kepada polri semakin hari semakin meningkat.

Baca Juga: 5 Ribu Mangrove Penuhi Pesisir Pantai Maradadi Kota Baubau

Sementara, salah satu RW di Kelurahan Baadia Baubau, Hanisa mengapresiasi langkah kepolisian mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya polisi RW akan memudahkan warga untuk memperoleh perlindungan hukum.

"Dengan adanya Polisi RW saya yakin kebutuhan masyarakat akan keamanan akan terpenuhi dan kami masyarakat tidak perlu direpotkan harus melapor ke mana saat ada gangguan keamanan," kata Hanisa RW 002 Baadia.

Sementara salah satu RW 06 di Kelurahan BWI Lakompa menuturkan, hadirnya polisi RW sangat bagus, untuk urusan keamanan lingkungan dengan bhabinkantibmas sudah baik.

"Tapi lebih baik lagi dengan adanya polisi RW ini, keamanan bisa lebih terjaga," tuturnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga