17 Desa Wisata di Buton Masuk Jadesta

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Kamis, 12 Mei 2022
0 dilihat
17 Desa Wisata di Buton Masuk Jadesta
Salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Buton. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Jadesta merupakan program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai wadah komunitas bagi desa wisata di seluruh Indonesia berbasis informasi dan teknologi "

BUTON, TELISIK.ID - Dari 23 desa wisata yang ada di Kabupaten Buton, ada 17 desa wisata yang masuk dalam jejaring desa wisata atau biasa disebut Jadesta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Rusdi Nudi mengatakan bahwa Jadesta merupakan program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai wadah komunitas bagi desa wisata di seluruh Indonesia berbasis informasi dan teknologi.

"17 desa yang masuk  Jadesta akan menjadi mitra Dinas Pariwisata Kabupaten Buton dalam pembinaan," kata Rusdi Nudi, Rabu (11/5/2022).

Sementara itu Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si menuturkan, 17 desa wisata yang telah diusulkan di kementerian merupakan desa yang indah yang mempunyai potensi lokal dan masing-masing memiliki kekhasan baik potensi  lautnya, air terjun, hutannya serta budayanya.

"Pariwisata di Buton juga mensupport pariwisata Wakatobi, sesuai arahan Dispar Provinsi. Sehingga ketika Buton berbenah, wisatawan tidak hanya datang di Wakatobi dengan surga bawah lautnya, tapi pariwisata di atas laut juga, baik yang ada di Buton, Buton Tengah, Baubau atau wilayah sekitarnya," tutur La Bakry.

Pemerintah daerah, kata La Bakry, akan mendorong homestay karena secara ekonomi untuk membangun hotel di Buton, investor masih berpikir. Pasalnya Buton bukan wilayah transit, orang ke Buton jika ada tujuannya saja.

Baca Juga: TMMD Ke-113 Sasar Muna Barat

Dalam rangka mendorong desa wisata, kata La Bakry, maka pemerintah daerah membangun homestay yang disiapkan masyarakat. Harapannya, agar melalui jejaring setiap pendamping /guide sudah bisa menawarkan spot wisata yang ada di Kabupaten Buton, dengan menawarkan paket wisata homestay.

Baca Juga: Angka Laka Lantas di Jawa Timur 2022 Meningkat

Dengan menawarkan spot wisata, akan memberikan keuntungan. Banyak destinasi wisata yang bisa ditawarkan sehingga wisatawan datang berwisata bisa mengusir kepenatan dengan menikmati keindahan alam, makanan khas, dan lainnya. (B-Adv)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga