18 BUMN Bantu Pemprov Sultra Tangani COVID-19

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Sabtu, 25 April 2020
0 dilihat
18 BUMN Bantu Pemprov Sultra Tangani COVID-19
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi saat melihat bantuan BUMN. Foto: Ist

" Ini bagian kepedulian BUMN untuk ikut berperan dalam menangani wabah ini khususnya di Sultra. Dengan bantuan Medis dan sembako untuk masyarakat yang terkena langsung dampak dari COVID-19 ini. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 18 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Sulawesi Tenggara turut membantu pemerintah provinsi dengan menyokong bantuan hingga lebih Rp 218 juta. Untuk penanggulangan wabah COVID-19.

Penyerahan ini langsung oleh Satuan Tugas (Satgas) BUMN Tanggap Bencana COVID-19.

Bank Mandiri sebagai Koordinator Wilayah Tanggap Bencana Satgas BUMN di Sultra lewat Vice Presiden Area Kendari, Rindra Setyawan mengatakan, ini merupakan wujud kepedulian BUMN untuk saling bahu membahu membantu pemerintah dalam upaya penanganan COVID-19.

"Ini bagian kepedulian BUMN untuk ikut berperan dalam menangani wabah ini khususnya di Sultra. Dengan bantuan Medis dan sembako untuk masyarakat yang terkena langsung dampak dari COVID-19 ini," ucapnya, Sabtu (25/4/2020).

Rindra pun menyebutkan bantuan untuk alat kesehatan terdiri dari Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 537 unit, Masker N95 sebanyak 134 buah, Masker Sensi 40 dus, Hand Sanitizer , Face Shield sebanyak 200 buah.

Sepatu Boot Medis sebanyak 134 pasang, Multivitamin sebanyak 20 paket, Handscoon 18 box, Kacamata Google 10 unit  dan Thermogun sebanyak 4 unit dengan total bantuan senilai Rp 125,4 juta.

Dan untuk masyarakat, bantuan BUMN dalam bentuk sembako diantaranya 2,3 ton, Minyak Goreng 700 Liter, Mie Instan 520 dos, Gula ½ ton, Paket Sembako 70 paket dan lainnya dengan total bantuan senilai Rp 92,7 juta.

Baca juga: Wagub Sultra Apresiasi BLK Kendari Tangani COVID-19

“Sekitar 18 BUMN di Sulawesi Tenggara yang berkontribusi diantaranya Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN, Askrindo, Pelindo, PLN, Bulog, Telkom, Sucofindo, POS, Jamkrindo, Pegadaian, Jasa Raharja, Perumnas, Taspen, Jasindo, Kimia Farma dan Airnav Indonesia," ungkapnya.

"Kami saling berkoordinasi terus menerus baik yang ada di kota maupun kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara, untuk mengetahui apa saja kebutuhan dari gugus tugas COVID-19 yang ada di kabupaten-kabupaten,” Sambung Rindra.

Sementara itu Gubernur Sultra, Ali Mazi mengungkapkan keseriusan bersama untuk tidak menganggap remeh wabah COVID-19 ini, sebab di Sultra telah memakan korban jiwa.

Selain itu dengan adanya bantuan ini bisa memberikan kemudahan serta mempercepat penanganan virus tersebut.

"Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya, kepada Satgas BUMN Sultra atas bantuan yang diberikan. Sehingga dapat mempercepat penanganan COVID-19 di Sultra," ucap Ali Mazi.

Untuk bantuan medis langsung diserahkan ke RSUD Bahteramas sebagai rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 dan untuk bantuan sembako akan didistribuskan oleh BPBD Pemprov Sultra.

Penyerahan Bantuan BUMN berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara, yang dihadiri langsung oleh Gubernur, Wali Kota Kendari, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sultra, Kepala BPBD Provinsi Sultra dan Pimpinan BUMN yang ada di Sultra .

Seperti diketahui jumlah pasien positif di Sultra semakin hari semakin bertambah. Untuk meminimalisasi penambahan pasien positif, semua lapisan masyarakat harus gotong-royong mengikuti imbauan pemerintah.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Baca Juga