Logo Telisik.id

18 Februari, Lima Peristiwa Penting dan Bersejarah yang Perlu Anda Ketahui

535 dibaca 18 Februari, Lima Peristiwa Penting dan Bersejarah yang Perlu Anda Ketahui

Penemuan Planet Pluto oleh Clyde Tombaugh adalah salah satu peristiwapenting yang terjadi di 18 Februari. Foto: Repro Google.com

" Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 18 Februari. Lantas apa saja peristiwa bersejarah tersebut?."

KENDARI, TELISIK.ID – Sebagian tanggal di setiap bulannya punya perisitiwa penting yang pernah terjadi di masa lampau, begitu juga dengan 18 Februari yang jatuh pada hari ini, Kamis (18/2/2021).

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 18 Februari. Lantas apa saja peristiwa bersejarah tersebut?

Berikut beberapa peristiwa penting dan bersejarah pada 18 Februari seperti dihimpun dari Wikipedia.org yang dilansir Okezone:

1. Pangeran Clarence Inggris dihukum mati (1478).

Pangeran Clarence Inggris, George, dihukum mati secara tertutup di Menara London, Inggris karena dianggap berkhianat kepada sang raja, Edward IV. George adalah adik kandung dari Edward IV yang juga mempunyai peran besar dalam kepemimpinan raja Inggris Raya.

2. Kota Surakarta didirikan di tepi Bengawan Solo dan menjadi ibu kota Kasunanan Surakarta (1745).

Kota Surakarta, juga disebut Solo, adalah wilayah otonom dengan status kota di bawah Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, dengan penduduk 503.421 jiwa dan kepadatan 13.636/km2. Kota dengan luas 44 km2, ini berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan.

Baca juga: Kehamilan Janda di Cianjur yang Ngaku Tanpa Hubungan Seks Mulai Terkuak

3.  Planet Pluto ditemukan oleh Clyde Tombaugh dari foto antariksa yang dibuat pada bulan Januari (1930).

Pluto adalah planet katai di sabuk Kuiper dan objek trans-Neptunus pertama yang ditemukan. Pluto merupakan planet katai terbesar dan bermassa terbesar kedua di Tata Surya dan benda terbesar kesembilan dan bermassa terbesar kesepuluh yang mengorbit Matahari secara langsung.

Clyde William Tombaugh adalah seorang astronom Amerika Serikat yang menemukan Planet Pluto pada tahun 1930. Pada 24 Agustus 2006 Konferensi Persatuan Astronom Internasional di Praha, Ceko memutuskan bahwa Pluto bukan lagi sebuah planet melainkan digolongkan ke dalam planet kerdil.

4. Gambia merdeka dari Britania Raya (1965).

Republik Gambia adalah sebuah negara di Afrika Barat. Seluruh perbatasan darat Gambia dikelilingi oleh Senegal di bagian utara, timur, dan selatan serta Samudra Atlantik di bagian barat.

Wilayah negara terkecil di Afrika daratan ini tergolong unik karena apabila negara Senegal dianggap mulut, maka Gambia adalah lidah dan giginya, sedangkan bentuk Gambia sendiri seperti ular dengan mulut yang datar dengan muara Sungai Gambia sebagai lidahnya.

5. Kekerasan antar-etnis antara Dayak dan Madura pecah di Sampit, Kalimantan Tengah, lebih dari 500 korban jiwa dan 100.000 pengungsi (2001). (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video