18 Kepala OPD Jalani Tes Narkoba, Muna Barat Harus Bebas Narkoba

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 21 Juni 2022
0 dilihat
18 Kepala OPD Jalani Tes Narkoba, Muna Barat Harus Bebas Narkoba
Pj Bupati Muna Barat bersama Kepala BNNK Muna, usai melakukan tes urine bagi Kepala OPD. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Ada beberapa pimpinan OPD yang tidak melakukan tes urine. Dari 29 OPD, hanya 18 Kepala OPD yang jalani tes narkoba "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Muna Barat bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Muna melakukan tes urine bagi Kepala OPD.

Namun ada beberapa pimpinan OPD yang tidak melakukan tes urine. Dari 29 OPD, hanya 18 Kepala OPD yang jalani tes narkoba.

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri, menyampaikan bahwa merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2019 tentang fasilitas pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, perihal menyukseskan P4GN dan PN, maka hari ini Pemerintah Kabupaten Muna Barat bekerja sama dengan BNNK Muna melakukan tes urine bagi Kepala OPD.

Selain itu, berdasarkan Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan pengedaran gelap narkotika, Pemerintah Muna Barat berkoordinasi dengan BNNK Muna untuk melakukan sosialisasi P4GN dan PN.

Ia mengatakan, nantinya bukan hanya Kepala OPD saja yang akan melaksanakan tes narkoba, melainkan seluruh ASN yang berada di Muna Barat beserta siswa sekolah.

"Maka demi menyukseskan P4GN dan PN di Muna Barat, biaya kegiatan ini akan dianggarkan dalam APBD," ujar Bahri.

Baca Juga: Ketua DPRD Muna Legowo, Pergantian Ketua Diproses

Dia menginginkan para ASN, masyarakat, siswa dan siswi bebas dari narkoba, dan tidak ada peredaran narkotika di Muna Barat.

Untuk itu, ia berkomitmen akan memberantas peredaran narkoba di lingkup Muna Barat. Sehingga nantinya jika ada ASN yang kedapatan mengkonsumsi narkoba, akan diberikan sanksi sesuai yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan.

"Tidak ada toleransi untuk penyalahguna narkoba. Kalau ada ASN gunakan narkoba atau masyarakat yang terlibat, maka akan diproses secara hukum," ungkapnya.

Baca Juga: Tiba di Jeddah 24 Juni Pagi, Calon Jemaah Haji Muna Salat Subuh di Pesawat

Kemudian Kepala BNNK Muna, Muhammad Ridwan Zain menuturkan, ini adalah tahap deteksi dini terhadap ASN di lingkup Muna Barat.

"Dari 18 orang yang menjalani tes urine, tidak ada yang postif, semua negatif narkoba," tegasnya.

Kepala BNNK juga menyampaikan bahwa untuk Muna Barat, belum dilakukan survei terhadap daerah yang rawan akan penyalahgunaan narkotika, sehingga ia belum dapat pastikan Muna Barat sebagai kawasan aman narkoba, sebab mengingat di Muna Barat banyak jalur masuk peredaran narkoba. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga