2 Cara Cepat Turunkan Gula Darah

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 25 Desember 2022
0 dilihat
2 Cara Cepat Turunkan Gula Darah
Diabetes adalah sebuah penyakit di mana kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh, ada beberapa cara cepat untuk menurunkan kadar gula darah. Foto: Repro Darya-varia.com

" Diabetes menjadi salah satu penyakit yang marak diidap oleh masyarakat, penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi pada organ lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Diabetes menjadi salah satu penyakit yang marak diidap oleh masyarakat, penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi pada organ lainnya.

Dikutip dari kompas.com, diabetes merupakan kondisi kelebihan gula darah atau glukosa pada tubuh. Karbohidrat memang dibutuhkan oleh setiap manusia sebagai sumber energi. Namun tidak dengan penderita diabetes, karbohidrat yang meningkat dapat memperparah diabetes karena glukosa yang terkandung di dalamnya.

Dilansir dari jpnn.com, berikut beberapa cara untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat:

Baca Juga: 12 Tips Dampingi Anak Bermain di Rumah, Orang Tua Wajib Tahu

1. Olahraga

Olahraga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan bisa menurunkan gula darah hingga 24 jam atau lebih setelah berolahraga. Aktivitas fisik memungkinkan tubuh menggunakan kelebihan gula dalam darah sebagai bahan bakar. Bahkan berjalan kaki singkat setelah makan bisa membantu.

para penderita diabetes perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang akan membuat jantung berdetak lebih cepat agar bisa merasakan efeknya. Sebaliknya, berolahraga dengan intensitas rendah akan lebih disarankan ketika level gula darah mencapai angka 240 mg/dL untuk menghindari munculnya keton di dalam urine. Keton yang terbentuk malah akan membuat level gula darah meningkat.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Membuka Bisnis dari Rumah

2. Menggunakan Rapid Acting Insulin

Menggunakan rapid-acting insulin atau insulin akting cepat bisa menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan gula darah dengan cepat. Rapid-acting insulin adalah jenis insulin akan menurunkan gula darah hanya dalam hitungan menit dan efeknya bisa bertahan dalam beberapa jam sehingga sangat cocok untuk keadaan darurat.

Namun, penggunaan rapid-acting insulin perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat. Mengecek gula darah setelah 15 hingga 30 menit setelahnya juga disarankan untuk mengetahui bahwa level gula darah sudah turun dan penurunannya tidak terlalu banyak. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga