2 Karateka Sulawesi Tenggara Lolos ke PON XXI Sumatera Utara-Aceh

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 30 Agustus 2023
0 dilihat
2 Karateka Sulawesi Tenggara Lolos ke PON XXI Sumatera Utara-Aceh
Jabar Hamidan (sabuk merah) salah satu karateka Sulawesi Tenggara yang lolos ke PON XXI Sumatera Utara-Aceh tahun 2024. Foto: Ist.

" Satu karateka putri dan satu putra lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumatera Utara-Aceh tahun 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Satu karateka putri dan putra lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumatera Utara-Aceh tahun 2024. Perolehan dua tiket PON XXI Aceh-Sumatera Utara menempatkan Forki Sulawesi Tenggara pada posisi ke-8 dari 38 kontingen se-Indonesia.

Ketua Federasi Karate-Do Indonesia (Forki) Sulawesi Tenggara, Jannie Aldrin Siahaan mengatakan, dua tiket PON disumbangkan karateka putri Isra Miranti (-55 Kg) dan Muhammad Jabar Hamidan yang berlaga di kelas -75 Kg dari arena Pra PON di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 25-28 Agustus 2023.

"Rasa haru dan bangga menyelimuti insan karate Sultra atas sukses merebut tiket PON. Ini hasil perjuangan panjang dan melelahkan mulai dari Training Centre (TC) hingga bertarung di atas matras," kata Jannie, Selasa (29/8/2023) malam.

Peluang 19 karateka yang menjadi duta Sulawesi Tenggara di ajang Pra-PON untuk merebut tiket PON cukup terbuka, namun faktor tuan rumah ikut menentukan kepiawaian karateka saat berjibaku dengan lawan-lawannya.

"Keikutsertaan karateka nasional yang kontinyu menjalani latihan di Pelatnas, menjadi batu sandungan karateka lainnya. Daerah-daerah yang diperkuat karateka Pelatnas menjadi keunggulan tersendiri," ujarnya.

Baca Juga: 4 Atlet Karate UHO Berlaga di POMNAS

Keberpihakan wasit dan panitia dalam memimpin pertandingan kepada karateka Pelatnas dan tuan rumah menjadi sorotan karateka sejumlah daerah.

Sehingga, Ketua Forki mengharapkan dukungan maksimal stakeholder atau pemangku kepentingan olahraga di Sulawesi Tenggara di masa mendatang.

"Pra PON kita sudah lewati dengan berbagai tantangan. Keringat atlet dan pelatih bercucuran demi mengharumkan nama Sulawesi Tenggara," pungkasnya.

Belajar dari pengalaman di Pra-PON, diharapkan pemangku kepentingan olahraga di daerah ini agar mempersiapkan para atlet semaksimal mungkin untuk meraih prestasi terbaik di PON Aceh-Sumatera Utara 2024.

Saat ini Tim Forki Sulawesi Tenggara sedang ditampung di Rindam Banjarmasin untuk persiapan kembali ke Sulawesi Tenggara menunggu pembelian tiket pesawat dari KONI Sulawesi Tenggara.

Ketua Forki Sulawesi Tenggara juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan dan dukungan doa, moral dan finansial, sehingga tim karate Sulawesi Tenggara dapat tampil di Pra PON Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Atlet Karate UHO Raih 5 Medali di Ajang Internasional

Sementara itu karateka Isra Minarti  mengaku bangga merebut tiket PON XXI karena persaingan di ajang Pra PON sangat berat.

"Sejak awal berlatih mempersiapkan diri  sudah bertekad harus sampai di PON. Syukur terwujud," kata Isra.

Ia mengharapkan agar KONI mempersiapkan para atlet semaksimal mungkin karena persaingan antar karateka di PON Aceh Sumut lebih berat. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga