2 Ribuan Mahasiswa Baru UHO Bakal Ikut Pemkes

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Selasa, 30 Mei 2023
0 dilihat
2 Ribuan Mahasiswa Baru UHO Bakal Ikut Pemkes
2102 mahasiswa baru UHO Kendari dijadwalkan segera mengikuti pemeriksaan kesehatan pada 12-14 Juni 2023 di Fakultas Kedokteran UHO. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Sebanyak 2.102 calon mahasiswa dinyatakan lolos tes Ujian Tulis Berbasis komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023 di Universitas Halu oleo (UHO) Kendari, dijadwalkan segera mengikuti pemeriksaan kesehatan (pemkes) pada 12-14 Juni 2023 di Fakultas Kedokteran UHO "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 2.102 calon mahasiswa dinyatakan lolos tes Ujian Tulis Berbasis komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023 di Universitas Halu oleo (UHO) Kendari, dijadwalkan segera mengikuti pemeriksaan kesehatan (pemkes) pada 12-14 Juni 2023 di Fakultas Kedokteran UHO.

Humas UHO, Laode Abdul Hamdan mengatakan, dalam pemeriksaan tes kesehatan pada SNBP yang memiliki kuota  terbanyak yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Sementara itu fakultas yang memiliki kuota sedikit yakni fakultas peternakan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, La Hamimu mengatakan, calon mahasiswa yang dinyatakan lolos tes UTBK SNBP di UHO Kendari tahun 2023 diwajibkan mengikuti pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga: Dekan FISIP UHO La Tarifu Tutup Usia

Persyaratan dalam melakukan tes kesehatan, yakni membawa bukti print out registrasi ulang yang dapat dicetak melalui laman http://daftar?ulang.uho.ac.id.

"Calon Maba yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBP, namun tidak melakukan registrasi ulang dinyatakan batal dengan sendirinya," kata La Hamimu.

Selain bukti print out registrasi ulang, mahasiswa diwajibkan melakukan pembayaran biaya Pemkes sebesar Rp 200.000 yang dilakukan secara online, melalui salah satu dari e-Channel BNI (ATM BNI, Mobile  Banking BNI, I-Bank Personal BNI, BNI SMS Banking, ATM Bersama, OVO, atau via transfer dari bank lain).

Pembayaran dimulai pada 2-9 Juni 2023 dan bukti pembayaran disimpan untuk ditunjukkan pada tim medis saat pemkes, bagi mahasiswa baru yang tidak memenuhi syarat kesehatan dapat dianggap batal dengan sendirinya.

Demi kelancaran proses registrasi pada tahap selanjutnya, Hamimu mengimbau semua calon mahasiswa baru diminta untuk senantiasa mengupdate informasi, dengan mengakses laman resmi website UHO http://uho.ac.id serta tidak mempercayai oknum lainnya selain dari UHO.

Sebelumnya UHO membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau SNMPTN 2023.

Baca Juga: Atlet Kempo UHO Kendari Raih 5 Medali di Kejuaraan Rektor Unhas Cup XV

Seleksi SNBP dilakukan tanpa melalui tes, seleksinya dilakukan berdasarkan pada prestasi siswa, yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Dibandingkan dengan SNMPTN, SNBP lebih mempertimbangkan prestasi siswa berdasarkan dua komponen penilaian, yakni nilai rata-rata seluruh mata pelajaran dan penggali minat dan bakat berdasarkan mata pelajaran pendukung program studi yang dituju. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga