20 Khafilah Wakili Sultra di STQ Nasional Maluku Utara

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 09 Oktober 2021
0 dilihat
20 Khafilah Wakili Sultra di STQ Nasional Maluku Utara
Penyerahan piala pemenang STQ tingkat Provinsi Sultra pada April 2021 oleh Kepala Kanwil Kemenag Sultra. Foto: Repro Kendarikotagoid

" Dia mengatakan, STQ akan dibuka pada 16 Oktober dan ditutup pada 22 Oktober. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 20 khafilah perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengikuti ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional ke-26 di Sofifi, Provinsi Maluku Utara pada 16-23 Oktober 2021.

20 khafilah itu merupakan pemenang ajang STQ tingkat Provinsi Sultra yang dilaksanakan di Kota Kendari, April 2021.

Kabag Keagamaan Biro Administrasi Kesra Setda Provinsi Sultra Musdar S.Ag, M.MPub mengatakan, dalam rangka menghadapi ajang STQ Nasional pihaknya akan mengumpulkan para khafilah tersebut di Kendari pada hari ini, Sabtu 9 Oktober 2021.

Para khalifah ini dikumpulkan di salah satu hotel Kendari untuk dilakukan pembinaan oleh pelatih khusus sebelum 13 Oktober 2021 dilepas secara resmi oleh Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH.

"Insya Allah 13 Oktober akan dilepas secara resmi oleh bapak Gubernur H Ali Mazi SH dan 14 Oktober kami bertolak ke Maluku Utara dengan jumlah khafilah kami secara keseluruhan yang terdiri dari peserta 20 orang, kemudian ada tim medis, official, pelatih, pendamping. Jadi totalnya 43 orang," kata Musdar.

Dia mengatakan, STQ akan dibuka pada 16 Oktober dan ditutup pada 22 Oktober.

"Tanggal 16 pembukaan dan insya Allah kami akan kembali di Kendari pada 20 Oktober. Jadi kita di Sofifi hanya sampai 4 hari," ungkapnya.

Baca juga: Tunggakan PAP PT VDNI Rp 26 Miliar, DPRD Sultra: Perusahaan Tidak Taat Pajak

Baca juga: Gadis Cantik Asal Kolaka Wakili Sultra di Ajang Puteri Indonesia 2021-2022

Dia menerangkan, pada STQ Nasional tahun ini ada 20 cabang lomba yang akan diikuti di antaranya cabang Tilawatil Qur'an, Tilawah, Hifzil, dan Tartil dan cabang Hafalan Qur'an.

"Alhamdulillah semua jenis 20 cabang yang diperlombakan itu Sultra mengikuti semuanya," pungkasnya.

Untuk diketahui, STQ Tingkat Nasional ke-26 tahun 2021 mengambil tema “Melalui STQ Nasional, Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai–Nilai Al-Qur'an untuk Mewujudkan Generasi Milenial Qur’ani yang Unggul menuju Indonesia Hebat dan Maju".

Tema ini memiliki makna bahwa tujuan penyelenggaraan STQ Nasional ke-26 Tahun 2021 tidak hanya untuk mencari juara pada setiap cabang dan golongan yang diperlombakan.

"Lebih dari itu, penyelenggaraan STQ Nasional XXVI Tahun 2021 diharapkan mampu membentuk manusia yang mampu mengimplementasikan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin yang mewakili Menag Yaqut Cholil Qoumas saat launching STQ Nasional di Sofifi, belum lama ini. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga