adplus-dvertising

2021, UMKM Harus Bangkit dari Keterpurukan Dampak COVID-19

Sasmiraza, telisik indonesia
Sabtu, 26 Desember 2020
7034 dilihat
2021, UMKM Harus Bangkit dari Keterpurukan Dampak COVID-19
Wali Kota Kendari, Sulkarnain (tengah) bersama stakeholder UMKM saat mempromosikan produk salah satu pelaku UMKM. Foto: Sasmiraza/Telisik

" Di 2021, kami akan menyediakan izin usaha yang mudah, membuka akses permodalan, menjaga atmosfir bisnis UMKM agar terus terjaga sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang, tidak hanya dari mikro tetapi sampai nanti bisa jadi pengusaha yang bisa berdiri di kaki sendiri. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dampak pandemi COVID-19 telah menyebabkan banyak sektor perekonomian terpuruk. Termasuk kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai kelompok usaha yang paling banyak jumlahnya.

Tak ingin larut dalam kondisi ekonomi lemah, Elfata Institute mengajak seluruh stakeholder UMKM untuk bangkit. Salah satunya dengan menggelar acara ngopi dan diskusi akhir tahun membahas potensi dan peluang pengembangan UMKM Sultra 2021, Sabtu (26/12/2020).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menuturkan, pemerintah Kota Kendari sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut sehingga para pelaku usaha khususnya UMKM bisa terus tumbuh dan berkembang.


"Di 2021, kami akan menyediakan izin usaha yang mudah, membuka akses permodalan, menjaga atmosfir bisnis UMKM agar terus terjaga sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang, tidak hanya dari mikro tetapi sampai nanti bisa jadi pengusaha yang bisa berdiri di kaki sendiri," ujar orang nomor wahid di Kendari ini.

Baca juga: Caketum Kadin Sultra Ini Dorong Pengusaha Lokal Tarik Investasi

Lebih lanjut, Sulkarnain juga mengingatkan kepada seluruh pelaku usaha UMKM untuk tetap kuatkan tekad dan mental menyambut tahun 2021, serta tidak patah semangat dalam menjalankan bisnis dan usahanya walaupun dalam kondisi pandemi seperti saat ini.

"Karena apabila kita tidak mempunyai mental pebisnis yang kuat, maka usaha apapun yang kita jalankan pasti sulit untuk tumbuh dan maju," tambahnya.

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Nasional, Abdul Rahman Farisi menyebutkan tahun 2021 sebagai tahun kebangkitan UMKM Sulawesi Tenggara, khususnya di Kota Kendari.

"Tentu untuk bisa bangkit kita butuh sinergi kebijakan, kolaborasi dari pusat, provinsi dan daerah. Para BUMN yang ada di Sultra agar turut berperan aktif dalam mendorong kesejahteraan UMKM kita," ujarnya. (B)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga