2022, DLHK Kendari Bakal Adakan Tempat Pembuatan Kompos

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 09 Mei 2021
0 dilihat
2022, DLHK Kendari Bakal Adakan Tempat Pembuatan Kompos
Kegiatan di TPS3R atau bengkel DLHK Kendari. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Jadi nanti melalui dana DAK pada 2022, kita akan membuat kompos yang cukup besar, di bengkel TPS3R. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari bakal mengadakan tempat pembuatan kompos.

Menurut Kepala DLHK Kendari, Nismawati, rencana mengadakan tempat pembuatan kompos tersebut akan dilakukan pada tahun 2022 mendatang.

Dimana, kata dia, tempat pembuatan kompos ini akan dipusatkan di bengkel DLHK Kendari atau TPS3R (Reuse, Reduce, dan Recycle), yang ada di daerah Punggolaka, Kota Kendari.

"Jadi nanti melalui dana DAK pada 2022, kita akan membuat kompos yang cukup besar, di bengkel TPS3R," katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Hal tersebut dilakukan, kata dia, karena Kota Kendari produksi sampah yang dihabiskan oleh masyarakat didominasi oleh sampah organik.

Baca juga: HUT Kendari ke-190, DLHK Berbagi Paket Sembako

Baca juga: Penyekatan di Perbatasan: Motor Diperiksa, Mobil Bebas

"Kita di Kota Kendari ini produksi sampah kebanyakan sampah organik atau sampah sisa makanan. Jadi rencananya sampah organik itu tidak perlu sampai ke TPA, biar diolah di tempat pembuatan kompos yang diolah menjadi pupuk nantinya," tambahnya.

Olehnya itu, mantan Kepala Dinas Pangan Kota Kendari ini berharap ke depan pengelolaan sampah bukan lagi dilakukan di TPA, agar bisa menghemat transportasi.

"Sampah ke TPA itu sampah yang betul-betul tidak bisa lagi dimanfaatkan," tutupnya.

Untuk diketahui, kompos sangat berguna untuk menyuburkan tanah. Kompos bekerja memperbaiki struktur tanah, serta meningkatkan kemampuan mempertahankan kandungan air yang ada di dalam tanah.

Kompos juga dapat menambah aktivitas mikroba di dalam tanah, sehingga tanaman dapat dengan mudah menyerap unsur hara yang terkandung di dalam tanah. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga