22 Jemaah Haji Tiba di Buton Selatan, 1 Orang Meninggal Dunia

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Jumat, 19 Juli 2024
0 dilihat
22 Jemaah Haji Tiba di Buton Selatan, 1 Orang Meninggal Dunia
22 jemaah haji asal Kabupaten Buton Selatan tiba kembali di Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Sebanyak 22 jemaah haji asal Kabupaten Buton Selatan telah tiba di Buton Selatan, Kamis (18/7/2024) malam. Satu orang jemaah dinyatakan meninggal dunia ketika mengikuti serangkaian tahapan haji di Tanah Suci "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Sebanyak 22 jemaah haji asal Kabupaten Buton Selatan telah tiba di Buton Selatan, Kamis (18/7/2024) malam. Satu orang jemaah dinyatakan meninggal dunia ketika mengikuti serangkaian tahapan haji di Tanah Suci.

Jemaah Haji tersebut atas nama H. Sahiudin Bin La Pasele yang dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 28 Juni 2024 pukul 01:30 waktu setempat, setelah sebelumnya sempat mendapatkan pertolongan medis di Rumah Sakit (RS) Al Nour Makkah.

Bedasarkan informasi yang dihimpun, jemaah haji tersebut berasal dari Desa Sandang Pangan, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, yang tergabung dalam kloter 31.

Terkait riwayat kesehatannya, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Buton Selatan, H. Mukhtar tidak dapat memberikan banyak informasi perihal tersebut.

Baca Juga: 141 Jemaah Haji Asal Konawe Tiba di Kampung Halaman

Namun ia mengatakan, jemaah haji yang dinyatakan meninggal dunia itu sudah sah menyandang gelar haji sebab telah menyelesaikan seluruh rukun dan syarat wajib haji.

“Alhamdulillah yang bersangkutan telah melakukan seluruh rukun syarat dan wajib haji secara keseluruhan maka almarhum sudah memenuhi syariat dan sudah dapat disebut sebagai haji,” ungkapnya pada awak media.

Baca Juga: Jemaah Haji Sulawesi Tenggara Telah Tiba di Bumi Anoa

Pada kesempatan tersebut, ia menyebutkan bahwa sebanyak 22 jemaah haji asal Kabupaten Buton Selatan yang tergabung dalam kloter 31 telah sampai dengan selamat di Bumi Gajah Mada.

Dari 22 jemaah haji tersebut, sembilan orang berasal dari Kecamatan Siompu Barat, delapan orang dari Kecamatan Siompu, dua orang dari Kecamatan Kadatua, dua orang dari Kecamatan Batu Atas, dan satu orang dari Kecamatan Sampolawa yang sebelumnya berjumlah dua orang sebelum seorang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Sebelumnya, pada 2 Juni 2024, sebanyak dua puluh tiga orang jemaah calon haji diberangkatkan dari Bandara Betoambari Kota Baubau menuju ke Kota Makassar untuk bergabung dengan rombongan calon haji lainnya dalam kloter 31. (C)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga