23 Terduga Teroris Lampung Diamankan Densus 88

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 17 Desember 2020
0 dilihat
23 Terduga Teroris Lampung Diamankan Densus 88
Seorang teroris berbaju orange saat diamankan Densus 88. Foto: Repro Mereka.com

" Iya kami akan terbangkan 23 tersangka teroris ke Jakarta siang ini. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sebanyak 23 terduga teroris diamankan Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror di Lampung. Kelompok ini diduga merupakan jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

Beberapa di antara mereka dinyatakan sebagai tokoh sentral, seperti Taufik Bulaga alias Upik Lawanga yang merupakan sosok ahli pembuat senjata api dan perakit bom.

Kedua, Zulkarnain alias Arif Sunarso yang merupakan panglima Askari dari kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen Argo Yuwono membenarkan adanya penangkapan tersebut. Rencananya 23 terduga teroris itu akan diterbangkan ke Jakarta siang ini.

“Iya kami akan terbangkan 23 tersangka teroris ke Jakarta siang ini,” kata Argo kepada wartawan, Rabu (16/12/2020). Dikutip suara.com.

Baca juga: Sesalkan Kejadian di PT VDNI, Menaker Minta Upah Tidak di Bawah Minimum

Selain itu, Argo belum membeberkan secara rinci terkait peran 23 orang tersebut. Dia hanya menegaskan, seluruhnya mempunyai peran yang berpotensi dan berkontribusi dalam perencanaan tindak pidana teror di Indonesia.

“Seluruhnya memiliki peran dan yang berpotensi dan berkontribusi dalam perencanaan tindak pidana teror di kemudian hari,” katanya.

Upik Lawanga merupakan anggota JI yang menjadi aktor dalam sejumlah aksi teror. Misalnya, bom Tentena, bom Gor Poso, bom Pasar sentral dan rangkaian tindakan terror lainnya pada tahun 2004 hingga tahun 2006.

Sementara itu, Zukarnain adalah DPO Polri dalam kasus terror Bom Bali 1 yang terjadi di tahun 2001 silam.

Dirinya juga mempunyai L kemampuan merakit Bom High Explosive, Senjata Api, dan kemampuan militer dalam melakukan tindakan terror. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga