24 Perusahaan Siapkan Ribuan Lowongan Kerja di Job Fair Lippo Plaza Kendari

Nur Fauzia, telisik indonesia
Selasa, 07 Mei 2024
0 dilihat
24 Perusahaan Siapkan Ribuan Lowongan Kerja di Job Fair Lippo Plaza Kendari
Antusias masyarakat Kendari mengunjungi Job Fair 2024 untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" 24 perusahaan di Sulawesi Tenggara membuka lowongan kerja untuk 1064 posisi, dalam Job Fair atau bursa kerja yang digelar di Lippo Plaza Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - 24 perusahaan di Sulawesi Tenggara membuka lowongan kerja untuk 1064 posisi, dalam Job Fair atau bursa kerja yang digelar di Lippo Plaza Kendari, Senin (6/5/2024).

Job Fair yang digelar Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Tenggara, tahun ini akan dilaksanakan dua kali, yaitu bulan Mei dan November mendatang.

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Tenggara, LM Ali Haswandy mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan mulai Senin (6/5/2024) sampai hari Rabu (8/5/2024).

"Kami sangat berharap juga kepada 24 perusahaan ini mau menerima saudara-saudara kita yang disabilitas karena ini kewajiban dari perusahaan untuk mempekerjakan sebanyak satu persen penyandang disabilitas dari kuota yang dibutuhkan, sesuai dengan ketentuan yang ada," jelasnya.

Ali menerangkan bahwa angka pengangguran terbanyak ada di Kota Kendari dan Kota Baubau karena jumlah penduduknya juga banyak. Ia berharap hadirnya Job Fair ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pencari kerja.

Baca Juga: Job Fair di Lippo Plaza Kendari, PT Swapro Buka Lowongan Kerja, Ini Kualifikasinya

"Yang paling penting adalah bagaimana teman-teman kita bisa mendapatkan pekerjaan yang layak yang sesuai dengan bakat minat dan kemampuannya, dan akhirnya bisa mengurangi angka pengangguran," tutupnya.

Sementara itu Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan inisiasi dalam menetapkan APBD.

"Kita harus tingkatkan kualitas agar pencari kerja dapat melihat perusahaan yang memiliki kapabilitas. Dengan mengoptimalkan skill dan kompetensi, putra putri di Sulawesi Tenggara bisa bersaing dan dapat diterima dalam perekrutan perusahaan," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa DPRD sudah membuat perda yang mewajibkan perusahaan yang masuk di Sulawesi Tenggara melaporkan ke pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk dapat dilihat kira-kira bergerak dimana dan membutuhkan berapa tenaga kerja.

"Di Sulawesi Tenggara ada 3,5 persen alumni S1 yang belum bekerja atau pengangguran intelektual. Maka sekarang UU Perguruan Tinggi mewajibkan secara baik dan bertanggung jawab bahwa 60 persen lulusan universitas bisa diterima di lapangan kerja dan itu tanggung jawab perguruan tinggi, " tutupnya.

Baca Juga: Permudah Alumni Cari Peluang Karier, UHO Hadirkan 7 Perusahaan Unggulan di Job Fair UHO 2023

Sementara itu di tempat yang sama, rekrutmen Alfamidi, Hardianti mengungkapkan bahwa Alfamidi membuka beberapa lowongan yang area kerjanya di toko dan gudang. Alfamidi juga membuka lowongan bagi para penyandang disabilitas.

Hardianti menambahkan bahwa dengan adanya Job Fair ini dapat memperluas pengetahuan masyarakat bahwa banyak lowongan pekerjaan yang tersedia, hanya saja akses masyarakat terhadap informasi lowongan kerja yang masih terbatas.

"Dengan adanya Job Fair ini masyarakat Kota Kendari lebih gampang mendapatkan informasi bukan cuma satu dua perusahaan, tapi cukup banyak perusahaan. Jadi teman-teman sekali datang banyak mendapatkan informasi loker," pungkasnya. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga