adplus-dvertising

25 Kota Terbaik di Dunia 2022, Nomor 3 Mengagumkan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 22 Juli 2022
993 dilihat
25 Kota Terbaik di Dunia 2022, Nomor 3 Mengagumkan
Sawah terasering tegalang adalah satu dari beberapa destinasi wisata di Ubud, Bali. Foto: Repro merdeka.com

" Terdapat beberapa hal yang menjadi indikator dalam menentukan kota terbaik di dunia, di antaranya landmark, budaya, kuliner, keramahan warga, dan nilai-nilai lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi kamu yang hobi traveling mungkin bisa berpedoman pada hasil survei yang dikeluarkan oleh travel leisure dengan daftar negara dengan kota-kota terbaik di dunia ataupun masuk dalam list agenda liburan kamu yang akan kamu kunjungi.

Travel leisure merilis World's Best Awards dengan membandingkan kota-kota terbaik tahun 2022 dengan peringkat tahun lalu menghasilkan beberapa pengamatan yang menarik.

Dilansir dari cnnindonesia.com, terdapat beberapa hal yang menjadi indikator. Di antaranya landmark, budaya, kuliner, keramahan warga, dan nilai-nilai lainnya.


Dikutip dari detik.com, berikut kota-kota terbaik di dunia 2022 antara lain:

1. Oaxaca, Meksiko

Sebelumya posisi pertama untuk kota terbaik didapatkan oleh San Miguel de Allende, masih kota yang ada di Meksiko. Namun tahun ini posisinya digeser oleh Oaxaca. Kota ini terkenal dengan tujuan gastronomi, dengan masakan lokal yang menggugah selera. Kota ini juga memiliki arsitektur abad ke-17 Oaxaca, koktail yang memikat, dan pasar kerajinan yang semarak, lengkap dengan kebaikan penduduknya. Nilai kota ini adalah 92,96.

2. San Miguel de Allende, Meksiko (skor: 91,77)

Dikutip dari superlive.id, kota ini didirikan pada tahun 1542 oleh Fransiskan biksu Fray Juan de San Miguel. Namun ternyata, sebelum terkenal dengan nama San Miguel de Allende, kota ini bernama San Miguel el Grande.

Kemudian, pada tahun 1826, namanya pun diubah untuk menghormati pahlawan revolusioner, Ignacio Allende. Lalu, di tahun 2008, UNESCO mengakui kota pelindung dari San Miguel dan Sanctuary of Jesús Nazareno de Atotonilco sebagai situs Warisan Dunia.

3. Ubud, Indonesia (Skor: 91,73)

Dikutip dari kompas.com, Kota Ubud sebagai kota dengan beragam potensi. Selain di sana berdiri hotel-hotel kelas dunia yang menyajikan beragam kuliner yang lezat, Ubud juga menawarkan kekayaan spiritual yang berpadu dengan sejarah leluhur.

Selain itu, Ubud juga dilengkapi dengan lanskap pemandangan hijau dan alam yang subur, di mana terdapat hutan hujan dan berbagai pura yang menakjubkan. Sejumlah tempat wisata yang terkenal di Ubud beberapa di antaranya adalah Sawah Terasering Tegalalang, Monkey Forest Ubud, dan Istana Tampak Siring.

4. Florence, Italia (Skor: 91,06)

Italia memang menyajikan banyak hal, mulai dari karya seni hingga keindahan bangunan di sana. Salah satu yang kerap menjadi tujuan wisata penikmat seni klasik dan budaya adalah Kota Florence.

Baca Juga: Maleura dan Motonuno, Paket Wisata Tawarkan Panorama Alam

Kota kecil di Italia bagian tengah ini memiliki ratusan karya seni, galeri, istana, monumen, museum, dan gereja hasil karya seniman ternama dunia seperti Michelangelo dan Filippo Bruneleschi. Salah satu yang paling menakjubkan adalah Duomo, ikon kota Florence yang selalu dibanjiri turis dari pagi hingga petang.

5. Istanbul, Turki (Skor: 90,97)

Dilansir dari tribunnews.com, sejarah kota Istanbul yang unik tak bisa dilepaskan dari Hagia Sophia, yang dianggap sebagai 'Keajaiban Dunia Kedelapan'. Kota yang tidak pernah tidur ini juga menampilkan kaleidoskop acara seni dan budaya yang lengkap sepanjang tahun seperti pameran seni kontemporer Istanbul dan Festival Beyo?lu Culture Route.

6. Mexico City, Meksiko (Skor: 90.90)

Dikutip dari dream.co.id, secara kultur, Meksiko didominasi pengaruh Spanyol. Hal ini terlihat dari bahasa keseharian masyarakat setempat yaitu Latin Spanyol meski ada beberapa perbedaan. Meksiko juga terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera. Bahkan menu makanan Meksiko turut memberikan pengaruh terhadap dunia kuliner AS.

Salah satu destinasi wisata Meksiko menyuguhkan pengalaman berenang bersama paus hiu. Tentu ini bakal jadi pengalaman menarik.

7. Chiang Mai, Thailand (Skor: 90,70)

Dilansir dari befreetour.com, berkunjung ke salah satu hutan di Chiang Mai kemudian mencoba berbagai wahana permainan yang sangat mendebarkan. Mulai dari berjalan diatas tali hingga mencoba menaiki jaring. Selain itu, petualangan ini juga akan terasa sangat menyegarkan. Ditemani dengan pepohonan yang rimbun dan udara yang menyegarkan tentunya memberikan relaksasi pikiran yang luar biasa.

Yang paling menarik adalah kegiatan ziplining. Traveller akan mengenakan peralatan yang aman dan meluncur dari ketinggian. Dengan kecepatan yang memacu adrenalin, sensasi meluncur seperti elang akan dapat Anda rasakan. Sebagai tambahan informasi, Anda juga dapat menikmati pemandangan air terjun di destinasi ini. Sangat menyegarkan bukan kegiatan alam ditemani panorama yang memanjakan mata.

8. Jaipur, India (Skor: 90,67)

Melansir dari travelingyuk.com, salah satu destinasi yang berada di Jaipur India yaitu Benteng Amber, yang dibangun pada 1592 oleh Raja Man Singh I, memiliki arsitektur bangunan cantik karya Rajputana. Benteng dibangun tepat menghadap Danau Maota, memadukan unsur Hindu dan Mughal. Anda dapat menyaksikan pertunjukan cahaya tentang sejarah Jaipur serta benteng, atau menyusuri bangunan dengan menunggang gajah.

Benteng Amber berlokasi di Devisinghpura, Amer, Jaipur, Rajasthan 302001, India. Jam operasional wisata pukul 08.00-17.30 dan 18.30-21.15 waktu setempat, buka setiap hari.

9. Osaka, Jepang (Skor: 90,35)

Dikutip dari  tsunagujapan.com, salah satu destinasi wisata yang terdapat di Osaka adalah Kastil Osaka. Kastil Osaka merupakan salah satu simbol Osaka yang terkenal. Berjalan-jalan di Taman Kastil Osaka bisa menjadi cara yang tepat untuk memulai hari penjelajahan Anda. Museum kastil dibuka pada pukul 9:00, tetapi jika Anda ingin meluangkan waktu untuk jalan-jalan santai di taman saat menuju bangunan utama kastil. Apabila Anda terbiasa bangun pagi, pergilah ke sana sedikit lebih awal dan nikmati secangkir kopi di taman sebelum armada bus wisata datang.

Baca Juga: Kotaeeono, Keindahan Tebing Membelah dengan Kolam Alami di Tengahnya

10. Udaipur, India (Skor: 90,22)

Mengutip dari detik.com, kota ini dipenuhi istana-istana megah dengan taman-taman cantik menghiasi pelatarannya. Keindahan itu lalu diabadikan lewat pantulan air danau yang tenang. Jika cuaca sedang terang, maka langit biru pun ikut dipantulkannya. Jika malam tiba, gemerlap tak hanya muncul dari pantulan bintang.

Cahaya terang dari istana-istana itu memberi rona hangat pada air dingin danaunya. Dataran Rajashtan boleh saja penuh oleh gurun pasir, tapi Udaipur adalah satu pengecualian. Bersandar pada wilayah Pegunungan Aravalli, kota ini diberkahi lanskap yang indah. Tiap wilayahnya terhubung oleh tiga danau utama, yaitu Fateh Sagar, Pichola, dan Swaroop Sagar.

Selanjutnya di posisi 11 hingga 25 besar terdapat beberapa negara lainnya yaitu:

11. Sevilla, Spanyol (Skor: 90,12)

12. Mérida, Meksiko (Skor: 90.00)

12. Tokyo, Jepang (Skor: 90.00)

14. Kyoto, Jepang (Skor: 89,77)

15. Siem Reap, Kamboja (Skor: 89,66)

16. Seoul, Korea Selatan. (Skor: 89,31)

17. Bodrum, Turki (Skor: 89,31)

18. Roma (Skor: 89,29)

19. Muskat, Oman (Skor: 89,21)

20. Hoi An, Vietnam (Skor: 88,9221)

21. Cuzco, Peru (Skor: 88,79)

22. Cape Town, Afrika Selatan (Skor: 88,76)

23. Charleston, Carolina Selatan (Skor: 88,70)

24. Bangkok (Skor: 88,6225)

25. Ljubljana, Slovenia (Skor: 88,49). (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga