26 Ton Bantuan Indonesia Bakal Dikirim ke Gaza Besok

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 03 November 2023
0 dilihat
26 Ton Bantuan Indonesia Bakal Dikirim ke Gaza Besok
Sebanyak 26 ton bantuan ini mencakup paket kebersihan, paket bayi dan peralatan medis yang dibutuhkan oleh masyarakat terdampak konflik di Gaza. Foto: Detik.com

" Palang Merah Indonesia (PMI) akan mengirimkan bantuan kemanusiaan sebanyak 26 ton ke Gaza, Palestina. Bantuan tersebut akan dibawa ke Bandara Udara Internasional El Arish, Mesir. El Arish merupakan bandar udara yang dekat dengan Jalur Gaza "

TEL AVIV, TELISIK.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) akan mengirimkan bantuan kemanusiaan sebanyak 26 ton ke Gaza, Palestina. Bantuan tersebut akan dibawa ke Bandara Udara Internasional El Arish, Mesir. El Arish merupakan bandar udara yang dekat dengan Jalur Gaza.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhamad Iqbal mengatakan, pemerintah berusaha memastikan bantuan kemanusiaan dari Indonesia bisa masuk ke Gaza.

"Itu adalah airport yang paling dekat dengan perbatasan Rafah," kata Iqbal, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga: UNICEF: Gaza jadi Kuburan Massal Anak-Anak Palestina, Korban Tewas Tembus 9.061

Setibanya di perbatasan Rafah, bantuan akan dibawa Bulan Sabit Mesir untuk memasuki Gaza. Jika sudah sampai Gaza, bantuan diserahkan ke UNRWA dan Palang Merah Internasional untuk disalurkan ke warga.

"Keseluruhannya ada 26 ton," ucap Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla saat mengecek kesiapan bantuan, di Halim Perdanakusuma, Jumat (3/11/2023) dilansir dari Detik.com.

Sebanyak 26 ton bantuan ini mencakup paket kebersihan, paket bayi, dan peralatan medis yang dibutuhkan oleh masyarakat terdampak konflik di Gaza. Barang bantuan ini berhasil digalang oleh PMI melalui donasi dari berbagai kalangan masyarakat.

Adapun barang bantuan PMI untuk Palestina terdiri dari:

Baca Juga: Aksi Bela Palestina Diikuti Tokoh Lintas Agama, Dilarang Bawa Atribut Kontestan Pemilu 2024

1. Hygiene Kit 1000 paket

2. Baby kit 300 paket

3. Masker N95 5000 pcs

4. Masker bedah 5000 pcs

5. Gloves 1000 pairs

6. Disposable apron 10000 pcs

7. Masker respirator 550 pcs

Bantuan ini akan dikirimkan bersama dengan bantuan pemerintah di bawah koordinasi Kementerian Luar Negeri RI dan akan segera diberangkatkan ke Gaza melalui Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Sabtu (4/11/2023) besok. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga