27 Mahasiswa Stikes Pelita Ibu Kendari Ikut Capping Day

Nur Fauzia, telisik indonesia
Rabu, 15 Mei 2024
0 dilihat
27 Mahasiswa Stikes Pelita Ibu Kendari Ikut Capping Day
Penyematan kap atau capping day kepada 27 mahasiswa di Stikes Pelita Ibu Kendari. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Pelita Ibu Kendari menggelar upacara penyematan kup kepada 27 mahasiswa kesehatan dan kebidanan yang akan siap untuk turun praktek di lapangan atau capping day di gedung auditorium Stikes Pelita Ibu "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekolah Tinggi Ilmu  Kesehatan (STIKES) Pelita Ibu Kendari menggelar upacara penyematan kup kepada 27 mahasiswa kesehatan dan kebidanan yang akan siap untuk turun praktek di lapangan atau capping day di gedung auditorium Stikes Pelita Ibu, Rabu (15/05/2024).

Ketua Pelita Ibu Stikes Kendari, Rosmawati Ibrahim menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun, khususnya bagi mahasiswa kebidanan D3 dan S1.

Rosmawati mengungkapkan, kegiatan tersebut dilaksanakan mengacu pada tradisi anak seorang raja di Inggris Florence Nightingale. Dimana pada masa lampau semua perawat dan bidan melakukan hal itu. Kendati saat ini sudah mulai jarang, tetapi Stikes Pelita Ibu Kendari masih tetap melaksanakannya.

Baca Juga: Kemenkumham Buka Pendaftaran Calon Taruna Tahun 2024

"Sebelum mahasiswa turun praktek ke lapangan, ke rumah sakit atau ke puskesmas, terlebih dahulu kita upacarakan dengan melaksanakan capping day atau pemasangan kap kepada para mahasiswa tersebut," ucapnya.

Rosmawati berharap, ketika mahasiswa tersebut turun praktek mereka dapat melaksanakan tugas dengan hati yang tulus dalam merawat orang sakit bagaikan kain putih yang ada pada kap yang disematkan itu.

Baca Juga: Hujan Lebat Timbulkan Banjir, Pengguna Jalan Berjuang Melawan Luapan Air

Sementara itu, Vivi Usya, salah satu mahasiswa yang mengikuti capping day mengaku sangat senang karena dengan penyematan kap tersebut berarti mereka sudah siap untuk melakukan praktek di rumah sakit maupun puskesmas.

"Harapan kedepannya semoga capping day ini dapat terus berjalan agar membuat mahasiswa meningkatkan semangatnya dalam melakukan praktek maupun kegiatan lainnya," pungkasnya.

Para mahasiswa Stikes Pelita Ibu yang mengikuti capping day terdiri dari lima orang tingkat D3 dan 22 orang tingkat S1. (B-Adv)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga