299 Jabatan Administrasi di Muna Disetarakan ke Jabatan Fungsional

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 31 Desember 2021
0 dilihat
299 Jabatan Administrasi di Muna Disetarakan ke Jabatan Fungsional
Bupati Muna, LM Rusman Emba melantik 299 pejabat fungsional. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pengalihan jabatan itu ditandai dengan pelantikan yang dilakukan Bupati Muna, LM Rusman Emba, Jumat (31/12/2021) "

MUNA, TELISIK.ID - Penyetaraan struktur organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna telah dilakukan.

Sedikitnya 299 jabatan administrasi (esalon IV) disetarakan ke jabatan fungsional. Pengalihan jabatan itu ditandai dengan pelantikan yang dilakukan Bupati Muna, LM Rusman Emba, Jumat (31/12/2021).

Kata Rusman, pengalihan jabatan administrasi ke fungsional menindaklanjuti surat edaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor 808/8181/Otoda tanggal 10 Desember 2021 tentang persetujuan penyetaraan jabatan.

"299 jabatan fungsional ini ditentukan oleh Kemendagri berdasarkan hasil verifikasi dan validasi terhadap usulan dari Pemkab," kata Rusman.

Baca Juga: 9 Lokasi di Sumut Ditutup saat Malam Tahun Baru 2022, Ini Lokasinya

Baca Juga: Hindari Penumpukan di Jakarta, Bandara Juanda Dibuka untuk PMI Mudik Pergantian Tahun

Menurutnya, penyederhanaan struktur OPD itu tidak akan merugikan para pejabat yang sebelumnya menduduki jabatan esalon IV. Tunjangan tetap akan mereka dapat dan tugas masih sama.

"Penyetaraan jabatan ini ruang bagi birokrasi untuk meningkatkan skil dan pendalaman pada bidang masing-masing," terangnya.

Sementara itu, secara teknis, Kabag Organisasi Tata Laksana (Ortala) Pemkab Muna, La Ode Matalana menerangkan, jabatan administrasi di Muna sebanyak 570. Namun, untuk penyederhanaan diusul hanya 387 jabatan. Akan tetapi, berdasarkan hasil verifikasi dan validasi yang disetujui hanya 299 jabatan.

"Jabatan yang tidak disetujui yakni, yang masih kosong dan beberapa tidak memenuhi syarat, karena akan memasuki masa pensiun," ungkapnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga