3 Bahan Alami Bisa Atasi Ketombe yang Membandel

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 19 Desember 2022
0 dilihat
3 Bahan Alami Bisa Atasi Ketombe yang Membandel
Ketombe menjadi masalah rambut yang paling menjengkelkan bagi semua orang, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Foto: Repro Allthingshair.com

" Ketombe menjadi masalah rambut yang menjengkelkan bagi sebagian orang. Munculnya ketombe bisa membuat kepala gatal-gatal dan tidak nyaman, hal ini juga seringkali mengganggu penampilan "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketombe menjadi masalah rambut yang menjengkelkan bagi sebagian orang. Munculnya ketombe bisa membuat kepala gatal-gatal dan tidak nyaman, hal ini juga seringkali mengganggu penampilan.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa Telisikers coba untuk mengatasi masalah ketombe, dikutip dari celebrities.id:

Minyak Tea Tree

Selama berabad-abad, minyak tea tree sering digunakan untuk mengobati penyakit seperti jerawat dan psoriasis. Kandungan di dalam minyak ini mempunyai sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang kuat, sifat inilah yang bisa meringankan gejala ketombe.

Baca Juga: Awas, Ini 3 Dampak Buruk Jika Kamu Kebanyakan Tidur

Selain itu, menurut sebuah ulasan minyak tea tree efektif untuk memberntas jamur tertentu penyebab seboroik dan ketombe. Studi lain juga menyebutkan, mengoleskan tea tree ke jaringan plasenta atau kulit kepala pasalnya lebih efektif dibanding menggunakan resep obat anti jamur.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal dengan berbagai manfaatnya dalam bidang kesehatan, salah satunya untuk mengatasi ketombe. Ia dapat bekerja untuk menghidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk kondisi ketombe.

Bahkan dalam beberapa penelitian, minyak kelapa dianggap sama efektifnya dengan minyak mineral dalam menghidrasi kulit saat dioleskan sebagai pelembab.

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai sukulen atau tumbuhan yang menyimpan banyak air, yang sering ditambahkan ke dalam berbagai produk kecantikan, seperti salep, kosmetik dan lotion.

Saat dioleskan ke kulit, lidah buaya bisa menyembuhkan masalah kulit, seperti luka bakar, psoriasis, dan sariawan. Tanaman yang satu ini juga punya sifat anti bakteri dan anti jamur yang bisa melindungi dari masalah ketombe.

Baca Juga: Daftar Menu MPASI 6 Bulan Pertama Bergizi, Bunda Wajib Tahu

Dilansir dari lifestyle.okezone.com, ketombe ini adalah suatu kondisi kulit kepala yang bersifat kronik ditemukan di skuama atau serpihan-serpihan kulit kepala atau pengelupasan lapisan tanduk secara berlebihan dari kulit kepala berwarna putih keabu-abuan atau kadang kekuningan yang berminyak.

Hasil pengelupasan tersebut tidak melekat di kulit kepala, tapi sering ditemukan di permukaan kulit kepala, di antara helaian rambut hingga jatuh ke bahu dan mengotori pakaian.

Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kulit kering, dermatitis seboroik, kepekaan terhadap produk rambut tertentu, dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala Anda. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga